Search

Thursday, February 16, 2023

Wang Sinawang

 


"Wang sinawang"

 

Banyak hal (atau mungkin segala sesuatu?) bisa dipandang dari beberapa sudut pandang. Ganteng atau cantik ini jelas tergantung selera masing-masing orang. Bahkan bodoh / tidak bodoh pun tergantung sudut pandang siapa.

 

Ada 2 hal yang mungkin tidak akan saya lupakan mengenai tuduhan bodoh ini.

 

Pertama: seseorang yang 'terkenal' sebagai aktivis pejalan kaki mengatai saya bodoh karena saya memilih sepeda sebagai moda transportasi saya sehari-hari, dengan alasan saya menyediakan diri menghirup udara yang beracun, racun-racun yang dikeluarkan oleh knalpot kendaraan bermotor.

 

Kedua: satu kejadian 4 tahun silam (jebul wis lumayan suwi) yang membuat akun saya viral dan saya dibodoh-bodohkan ribuan orang.

 

Dan malam ini baru saja saya membaca di grup orang-orang intelek itu tuduhan bodoh pada orang yang "memilih berlabuh pada" agnotisme.

 

Banyak orang yang ternyata kaget waktu tahu saya dengan terbuka mengaku diri sebagai seorang agnostik. "Kamu pemberani sekali!" kata beberapa orang kepada saya. Namun, tidak hanya itu tanggapan yang saya terima. Sekian tahun yang lalu seseorang bilang, "Miss, agnostik itu bukannya orang yang beragama tapi males mengerjakan ritual-ritual agama yang ada?" Saya tertawa saja mendengarnya, eh, membaca komentarnya, saya hanya membalas,

 

"Please study more about agnosticism."

 

Dan saat ada yang mengatakan mereka yang memilih menjadi agnostik itu orang bodoh karena "ada jawaban multiple choice tinggal milih saja kok ga bisa". Suwer, saya langsung ingat 'idiom' wang sinawang ini: dia memandang saya bodoh (di grup alumni itu so far baru saya yang dengan terbuka menyatakan diri sebagai agnostik, dulu ada Ki Broto yang mengklaim diri sebagai 'kafir') saya memandang dia juga sama karena jelas he knows nothing about agnosticism. Dulu, Ki Broto orang yang usilnya tingkat tinggi, suka menggoda orang-orang yang (sok) relijiyes. Saya sebaliknya, saya ogah usil seperti itu. :) biarlah orang mau bilang apa tentang agnosticism, saya tidak peduli, cukup tertawa saja.

 

13,10 16/02/2023

 

No comments: