Search

Tuesday, February 28, 2023

CHILD-FREE versus AWET MUDA

 


Sebenarnya kampanye child-free itu sudah lumayan sering digaungkan, dan belum ada yang sebegitu viral sampai ada seorang seleb medsos 'kepleset' karena membandingkan child-free dengan awet muda. Sontak banyak orang -- terutama perempuan -- yang tidak terima. Ketidakterimaan ini men-trigger para perempuan untuk mengunggah foto mereka dengan kepsyen yang nyaris seragam, intinya adalah mereka tidak terima jika untuk awet muda, seseorang bisa memilih gaya hidup 'tak beranak'. Selain mengunggah foto pribadi, sebagian orang lain lagi menyebut-nyebut artis yang nampak awet muda meski mereka beranak.

 

Sekian minggu yang lalu, seorang kawan sekolah saya meninggal dunia. 'kebetulan' dia adalah ayah dari seorang kawan Angie, my one and only daughter. Kami berdua pernah nonton pameran di Kota Lama dan saat itu bertemu dengan teman Angie dan ibunya. Seingat saya ibunya nampak lebih tua dibanding saya. Saat membahas ternyata kawan sekolah saya yang meninggal dunia itu ayahnya kawannya Angie, saya bilang, "don't you think her mom looks older than me?"

 

Jawaban Angie, "Maklum Ma, you have only one kid, she has three!"

 

Topik yang mirip seperti ini terjadi beberapa kali, dan jawaban Angie sama, "Maklum lah Ma, she has kids." saat membahas perempuan-perempuan lain yang 'nyata' ada di kehidupan kami berdua. Ini terjadi tanpa sadar bahwa Angie ingin menyatakan ada kemungkinan memiliki anak akan membuat beberapa (atau banyak?) orang nampak lebih tua jika dibandingkan dengan mereka yang tidak punya anak.

 

Lalu bagaimana dengan Wulan Guritno maupun Sophia Latjuba yang masih nampak kinyis-kinyis meski mereka beranak dan sudah berusia middle-aged? Kita semua tahu jawabannya:

 

  1. butuh dana banyak untuk merawat kecantikan ini (apakah kalian percaya bahwa hanya mengusap wajah dengan air wudhu saja bisa membuat seseorang nampak awet muda?) tidak melulu untuk pegi ke klinik perawatan, namun juga untuk asupan makanan, minuman yang akan membuat warna kulit cerah dan tubuh kenyal (plus pink di titik-titik tertentu, kata seseorang)
  2. Butuh dana untuk ikut latihan kebugaran, minimal jika latihan yoga ya saat pertama kali ikut yoga, untuk membayar trainer yang tepat agar tubuh benar-benar mendapatkan efek positif
  3. Butuh ketekadan yang bulat untuk latihan kebugaran tanpa pernah merasa bosan
  4. Waktu luang untuk melakukan nomor 1, 2, 3

 

Jika tidak mampu? Ya terima sajalah bahwa memang hukum alam jika orang yang punya anak (apalagi anak banyak) akan nampak lebih tua jika dibandingkan dengan mereka yang tidak punya anak.

 

Jika tetap ingin tampil awet muda? Selfie-lah dengan kamera berfilter! Kalau takut ketahuan aslinya bagaimana saat bertemu kawan medsos? Ya jangan mau diajak ketemuan! Seorang teman cerita dia di-unfriend kawannya setelah 'ngonangi' kawannya itu ternyata tidaklah secantik di medsos. Wkwkwkwkwk …

 

MS48 16.39 28.02.2023

 

No comments: