Search

Friday, June 23, 2023

BUGAR DAN AWET MUDA

 

Chuando Tan

Beberapa hari lalu, gambar fotografer ini muncul di satu grup alumni. Saya perhatikan, jika ada gambar lelaki berperut rata -- apalagi sixpack -- orang-orang akan serta merta berkomentar, "awas, nanti penggemarnya juga para lelaki loh."  atau berkomentar, "duh, kalau suamiku nampak setampan dan fresh seperti ini, aku ga bakal bisa tidur nyenyak setiap hari, bawaannya curiga melulu," padahal si pengunggah jelas-jelas ingin berbagi informasi bahwa di usia di atas 50 tahun, seorang laki-laki tetap bisa tampil seperti masih berusia 30-40an.

 

Well, meski mati usia berapa itu benar-benar rahasia Ilahi -- konon begitu -- jika kita bisa terus nampak awet muda -- dan salah satu caranya adalah berolahraga secara rutin -- mengapa orang-orang biasanya menyikapi hal seperti ini secara negatif ya?

 

BUGAR DAN AWET MUDA

 

Beberapa teman saya bercerita bahwa mereka 'akhirnya' memulai memilih lifestyle yang sehat setelah memiliki anak. Ini biasanya terjadi pada mereka yang merasa usianya sudah lumayan senior ketika anak (pertama) mereka lahir. Lifestyle yang sehat itu bagaimana? Satu hal yang pasti adalah berolahraga secara teratur. Selain berolahraga, memilih makanan yang sehat untuk tubuh, misal memperbanyak makan sayuran/buah, menghindari fast food/karbo berlebihan, menghindari minuman bersoda, dsb.

 

Pilihlah jenis olahraga yang disukai, misal lari, jalan cepat, berenang, bersepeda, yoga, tenis, sepakbola, dlsb. Jika merasa butuh membentuk otot, ya sila datang ke fitness center terdekat. Tidak semua laki-laki yang rajin olah tubuh di fitness center itu penyuka sesama jenis loh. Saya tengarai mereka yang selalu memberi excuse, "buat apa punya perut sixpack, entar malah disukai sesama lelaki" itu kayaknya mereka yang memang malas berolahraga, lol.

 

Padahal jika memiliki tubuh bugar di usia di atas 50 tahun, kita bisa asyik menemani anak-anak dolan kemana-mana, ga perlu mengeluh encok pegal.

 

Yang belum punya anak? Atau mungkin anak-anak sudah dewasa dan sibuk bekerja? Ya bisa tetap asyik dolan-dolan dengan pasangannya kan?

 

Yang belum punya pasangan? Cari dong ah, lol.

 

PT56 13.04 23.06.2023

 

No comments: