Search

Sunday, June 18, 2023

Binte Biluhuta

 "Cooking is not my cup of tea."

 

Saya belajar memasak ketika duduk di bangku kuliah S1 karena ingin menghemat pengeluaran, ketimbang melulu beli matang di rumah makan. Plus sejak awal mulai kuliah Mom membelikan saya peralatan masak: kompor, panci dan wajan. Well, meski sebenarnya sejak SD tentu saja saya sudah kadang membantu Mom maupun ART memasak di dapur.

 

Nevertheless, cooking is not my cup of tea. Kalau bisa memilih kegiatan lain, tentu saya akan memilih melakukan hal yang lain: misalnya duduk melamun di belakang jendela kamar, di depan laptop sambil memandang wajah kekasih saya yang ada di layar laptop. (Eh, padahal yang ada di sana ya foto saya sendiri, lol. Saya pernah memasang foto Lee Majors, my idol, eh, saya diprotes Angie dong, lol. "Kenapa itu wajah opa-opa ada di layar laptop Mama?" tanyanya, lol.)

 

Saat pandemi, dan saya menjadi pengangguran -- no teaching schedule at all -- saya mulai tertarik menonton acara masak memasak, terutama di IG karena biasanya di sana lebih praktis karena vlog-nya singkat padat. Dan saya pun mulai memasak jenis-jenis masakan yang macam bumbunya lebih banyak, ga hanya bawang merah bawang putih dan cabe doang, lol.

 

Nah, entah dari mana saya mendapatkan trigger, hari ini -- Minggu 18 Juni 2023 -- saya mencoba memasak 'binte biluhuta' atau juga disebut sebagai 'milu siram'. Jika saat saya kecil dulu, Mom membeli jagung 'biasa' (bukan jagung manis) yang kemudian dipipil secara manual, saya pakai jagung manis pipilan beli di supermarket. Jelas enaknya ini jagung pipilan. Saat melihat resep-resep yang ada di google, kebanyakan pakai ikan cakalang atau jenis ikan yang lain, saya 'hanya' pakai suwiran ayam yang sudah saya ungkep (karena adik ragil saya alergi ikan). Saat binte biluhuta sudah setengah matang, saya bagi menjadi dua. Yang 2/3 saya beri udang, yang 1/3 tidak, agar adik ragil saya bisa ikut makan.)

 

Here is binte biluhuta. Eh, ada lagunya loh, sila cek di youtube deh.

 


 

Btw, nevertheless, saya tetap bilang bahwa cooking is not my passion ya guys.

 

PT56 12.21 18.06.2023

No comments: