Search

Tuesday, February 19, 2019

Tafsir Mimpi

gambar diambil dari sini



Once upon a time, especially when I was a teenager, I used to be curious to the meaning of any dream I had. Tidak hanya mimpi, namun hal-hal remeh temeh seperti 'kedutan' di beberapa bagian tubuh itu artinya apa. Bahkan sampai bersin di jam-jam tertentu. :) aku lupa mengapa aku begitu 'peduli' pada hal-hal seperti ini, mungkin karena di rumah kutemukan buku sejenis 'primbon' yang berisi sejuta (duh, kok lebay ya lol) tafsir hal-hal remeh temeh seperti itu. Lalu siapa yang membeli buku primbon itu? Tak lain dan tak bukan tentulah my parents, either Mom or Dad. :D


Yang aku ingat, aku pernah bermimpi ular, beberapa bulan sebelum bokapnya Angie melamarku. Sampai sekarang aku masih ingat kisahnya. Aku tidur di kamar kosku (waktu itu aku masih kuliah di Jogja), dalam keadaan gelap. (Aku suka tidur dalam kegelapan, agar lebih nyenyak.) Mendadak seekor ular masuk ke dalam kamar, merambat naik ke atas dipan, kemudian merambat di tubuhku, membuatku terkesiap dan tak berani bergerak, pun bernafas. Ular itu berhenti merambat ketika kepalanya tiba di bagian leher. Aku terbangun dengan nafas tersengal-sengal dan merasa ngeri. Ternyata beberapa bulan kemudian, aku menikah. Hohoho …


Tapi sebelum kita bercerai, aku tidak ingat apakah aku mimpi ular itu pergi menjauh dari hidupku. Kekekekeke …


Beberapa bulan lalu di tahun 2018 aku juga bermimpi ular. Waktu itu aku berjalan di sebuah kebun, di belakang sebuah rumah yang tidak jelas rumahnya siapa. Yang pasti rumah itu terletak di sebuah desa, yang tidak kukenali. Tiba-tiba ada seekor ular dilemparkan ke arahku, entah siapa yang melemparkannya kepadaku. Ular itu pun merambati tubuhku, namun ga sampai lama, karena mendadak aku terbangun. Beberapa waktu kemudian, seseorang melamarku. Lamaran itu mengingatkanku pada mimpi itu. Hmmm … apa mimpi ular kali ini pun akan membuatku menuju ke pelaminan (lagi?) hohoho … kenyataannya adalah, setelah menimbang-nimbang, aku memutuskan untuk menolak lamaran seseorang itu. Anti klimaks ya? Lol. Why? He is not my type, and he failed to impress me. As simple as that.


Beberapa saat yang lalu, perhaps around a week ago, aku mimpi sesuatu yang menakutkanku: kakakku meninggal dunia. :( Kehilangan Mom beberapa bulan lalu masih sangat menyedihkanku -- juga adik-adikku pastinya -- maka bisa dimengerti jika mimpi ini membuatku gelisah berhari-hari. Tapi aku ga berani bilang ke siapa pun. :(


Memang sih aku masih ingat, di buku primbon yang duluuuu menjadi rujukanku untuk mencari tafsir hal-hal remeh temeh, mimpi seseorang meninggal itu justru berarti kebalikannya, seseorang yang kita impikan meninggal itu malah akan memiliki umur yang panjang. Well, tentu buku primbon itu telah lenyap tak berbekas, entah kena banjir, entah dimakan rayap, entah apalah. Aku tahu sih sebenarnya aku bisa mencari maknanya di internet, namun ketakutanku membuatku justru tidak berani melakukannya. Dan … masak sih di zaman milenial begini  masih percaya mimpi tertentu bermakna tertentu? Entahlah.


Aku menulis ini untuk sedikit meringankan beban mentalku sendiri.


PT56 22.49 16Feb2019

1 comment:

Nana Podungge said...

disini kutulis, aku mimpi Yusdi, my elder brother, meninggal seminggu sebelumnya, berarti sekitar awal bulan Februari.

beberapa waktu kemudian, Angie bilang ke aku kalau dia kejatuhan cicak. :( aku kian ngeri membayangkan apa yang akan terjadi. (yang kutahu, ada orang yang percaya bahwa kejatuhan cicak itu mengisyarakan akan terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan, terutama akan mendengar kabar kematian seseorang yang dekat dengan kita.)

bulan Maret, aku merencanakan bersepeda dengan Ranz dari Jogja ke Magelang, sebelum ikut event ultah Selima (sepeda lipat Magelang) yang ketiga. aku sempat berpikir apakah akan terjadi sesuatu yang buruk padaku saat bersepeda itu. :( hari Sabtu sore 09 Maret 2019, waktu aku dan Ranz bersepeda bersama kawan-kawan Komselis, Angie mendadak mengirim kabar ke aku kalau dia dan tante-tantenya plus adik-adik sepupunya ke Cirebon, menengok pakdenya yang sedang dirawat di RS. aku langsung lemes, rasanya ingin segera terbang ke Cirebon, apakah sakitnya kakakku separah itu sehingga semuanya berangkat ke Cirebon? Aku berusaha menenangkan diri karena Angie tidak menulis, "harap Mama segera menyusul ke Cirebon". :( berarti kondisi Yusdi kakakku tidak separah yang kubayangkan. berarti hari Minggu 10 Maret 2019 aku masih bisa ikut acara utama ultah Selima. FYI, wiken itu memang "kebetulan" Yusdi sedang dirawat di RS Pertamina. Adik2ku memutuskan ke Cirebon untuk menengok ketika kakakku dirawat di RS.

Meanwhile ...

aku tetap keukeuh pada tafsir mimpi bahwa ketika kita mimpi seseorang meninggal kemungkinan besar berarti si seseorang itu akan berumur panjang. ... my high expectation.

Ternyata, kakakku meninggal di hari Selasa 21 Mei 2019 pukul 13.44 di RS Sumber Kasih, beberapa jam setelah KPU mengumumkan bahwa capres cawapres 01 mememangkan pilpres tahun 2019 ini.

aku akan menulis tentang hal ini di blog. semoga mood-ku cukup mendukung untuk menuliskannya. ...

LG 14.05 25/05/2019