Search

Saturday, February 16, 2019

Kuliah Perkawinan


Sekian puluh tahun lalu aku pernah mendengar tentang hal sejenis ini: orang-orang yang beragama Kristen/Katolik harus mengikuti sejenis kuliah pernikahan sebelum menikah. Sepasang kekasih yang akan menikah mendapatkan kuliah di gereja, untuk mempersiapkan mereka sebelum memasuki kehidupan perkawinan. Apa yang mereka pelajari? Aku tidak pernah bertanya pada kawan-kawan yang beragama Kristen/Katolik jadi aku tidak tahu. Mungkin karena dilaksanakan di gereja, mereka akan mempelajari apa yang seharusnya dilakukan oleh suami/istri menurut tuntunan kitab suci yang dipercaya.


Dalam agama Islam, setahuku tidak ada hal seperti ini. Sepasang kekasih yang akan menikah, ya menikah saja lah. :)


Inilah mengapa semalam aku kaget waktu Angie, anakku, bilang bahwa seorang kawannya sedang mengambil 'kuliah pernikahan' untuk mempersiapkan dirinya menghadapi pernikahan. Katanya si dosen adalah seorang ustadz yang kuterjemahkan bukan hanya berarti 'guru (ustadz secara leterlek berarti guru) namun seseorang yang dianggap mumpuni dalam pengetahuan agama Islam.


Aku yang sedang menyetrika ketika mendadak Angie datang ke aku dan bercerita tentang hal ini, kaget sehingga otomatis berucap, "wadefak, what is she learning from that ustadz? Gosh!" lol. Angie langsung ngakak mendengar nyokapnya misuh. Lol.


"Didn't she realize that 'that' ustadz will tell her things from men's point of view? That will benefit only for men? Very patriarchal?"


"No, Mom, come on, she doesn't know anything like that! She is not such a girl." kata Angie.


"So, what type of a girl is she, honey?" tanyaku, hampir ga percaya seorang kawan yang lumayan akrab dengan Angie adalah tipe perempuan yang cara pikirnya jauh dari Angie, dan Angie tetap bisa berteman dengannya, hang out bersama, bla bla bla …


This only daughter of mine keeps amazing me! Kita telah hidup bersama semenjak dia kulahirkan, dan terus menerus aku merasa harus terus 'mempelajarinya'. :)


Kembali ke topik kuliah pernikahan, memang benar sekarang ada hal seperti ini yak? Dalam agama islam? It is indeed easier to earn money by making use of  religion nowadays, eh? Lol.


LG 10.25 16/02/2019

No comments: