Search

Wednesday, November 04, 2015

Kiamat Sosial Media

Beberapa minggu terakhir aku membaca beberapa postingan beberapa facebooker tentang akan datangnya kiamat facebook berkenaan dengan hal-hal yang dirasa tidak lazim di dunia maya. Misal, akan diberlakukan tombol "dislike" di bawah postingan, setelah selama ini hanya ada tombol "like". Tombol "unlike" muncul jika seseorang ingin membatalkan "like" yang sudah terlanjut dipencet. Setelah seseorang mendapatkan "dislike" sekian kali, konon ini akan menjadi pertimbangan pihak admin facebook -- anak buahnya Mark -- untuk menghapus akun seseorang secara permanen.

facebook evolution :)

Selain itu juga akan diberlakukan bahwa setiap akun harus menggunakan nama asli sesuai KTP. Nah lo. Sudah ada sih beberapa teman facebook yang menggunakan nama asli setelah "disemprit" oleh pihak admin facebook. Mengapa mereka mendapatkan "semprit"? Mungkin karena postingannya (dianggap) kontroversial bagi banyak orang dan mereka melaporkannya kepada admin facebook. Walhasil, pihak tertentu itu akan "diskors" oleh facebook, dan ketika akan kembali berinteraksi diharuskan menggunakan nama asli sesuau KTP. Mereka harus men-scan (bahasa Indonesia "scan" apaan ya?) KTP dan mengirimkannya ke pihak admin facebook.

Nah, apakah peraturan menggunakan nama asli sesuai KTP akan diberlakukan kepada semua orang? Bagaimana prosedurnya? Entahlah, aku tidak mau ikut susah-susah memikirkannya. Jika banyak orang yang enggan menggunakan nama asli -- dengan alasan yang berbeda satu dengan yang lain -- mereka tentu lebih memilih meninggalkan facebook. ketiimbang mengikuti peraturan yang dirasa tidak perlu. :)

Menurutku pribadi, orang-orang baik -- entah menggunakan nama asli maupun nama palsu -- mereka akan posting hal-hal yang baik, yang tidak akan merugikan orang lain. Sebaliknya, orang-orang tidak baik, menggunakan nama asli pun akan tetap bullying orang lain. :)

Bagiku pribadi, aku telah mengalami "kiamat sosial media" beberapa kali :) Friendster dan Multiply .Kiamatnya dua sosial media ini toh tidak berpengaruh banyak dalam hidupku. I still survive, tetap menemukan sosial media lain untuk terus narsis dan berinteraksi dengan yang lain. LOL. Kiamatnya FS dan MP jauh-jauh hari telah memberiku sinyal bahwa satu saat nanti facebook yang sekarang masih nampak perkasa ini juga akan mengalami kiamat. Nothing lasts eternal.

Dan ... menghadapi "ancaman" arogansi beberapa oknum akun di facebook tentang "I will kick your ass out from my account if you bla bla bla ..." tentu tidak bermakna apa-apa. Jika saat kiamat facebook tiba, semuanya akan di-kick out dari dunia facebook.

So .. what are you afraid of? :)

CN 11.08 04/11/2015

N.B.:
Gambar diambil dari sini

No comments: