Search

Tuesday, August 07, 2012

Curcol 7 Agustus 2012





Ini berkaitan dengan lapak sebelah yang telah kugeluti sejak tahun 2006, www.multiply.com

Secara tidak sengaja aku menemukan lapak itu lebih dari enam tahun lalu, ketika aku sedang tergila-gilanya blogging. Entah dapat bisikan dari mana waktu itu aku mendengar bahwa blog sites suka ngawur menghapus konten blog, atau bahkan mungkin blogsite kita tiba-tiba menghilang begitu saja. Maka, meski pada waktu itu aku sudah punya blog di blogspot, blog.co.uk dan (masih ngeblog di) friendster, aku tetap membuka akun baru di multiply. Sejak itu, seingatku, aku rajin copas tulisan di beberapa blog yang kumiliki. I still had much free time back then. 

Terbiasa ngeblog di blogspot yang bukan merupakan social media -- ada yang berkunjung, membaca ya syukur, apalagi kalau ada yang ninggal komen ya alhamdulillah -- aku kurang memperhatikan 'friends' yang bisa kudapatkan di multiply, meski di blog.co.uk, aku sudah terbiasa dengan fitur yang menggabungkan antara social media dan blogging. Bedanya, di blog.co.uk tidak ada fitur untuk posting lagu dan video, sementara multiply menyediakan fitur satu ini, dimana beberapa tahun lalu sempat menjadi fitur terfavorit. Blog.co.uk juga tidak memiliki fitur khusus untuk posting foto. Kalau mau posting foto ya masuk di postingan blog.

Aku memang makhluk individual, baik di kehidupan sehari-hari maupun di dunia maya. Dan terlalu serius di awal ngeblog dulu, maka aku tidak berhahahihi di postingan orang lain. Atau mungkin juga aku terserang penyakit narsis yang akut sehingga merasa bahwa tulisanku begitu berharga untuk dibaca sehingga aku tak lagi perlu berkunjung ke postingan orang lain, apalagi yang isinya bagiku ga penting. :-P

Aku lupa mulai kapan aku mulai peduli dengan postingan mereka yang tergabung dalam 'contacts' ku di MP, dan membacanya. Jika ada yang mengatakan bahwa di MP terdapat banyak blogger yang berpotensi menjadi penulis, maka aku setuju. Mungkin dimulai ketika aku merasa begitu sibuk dengan kegiatanku sehari-hari sehingga tidak banyak waktu terluang untuk menulis. Kemudian aku mulai menyadari betapa teman-teman disana telah membentuk menjadi satu komunitas yang care satu sama lain. (better late than never yah?) Plus mulai menyadari bahwa I became a part of that community. 

Bila ada yang bilang bahwa (komunitas) multiply indonesia berbeda dengan social media yang lain, aku setuju. Meski seperti biasa, aku hanya mengamati dunia maya ini dari dunia nyataku. Banyak teman yang kulihat sebegitu dekatnya dan intensitas hubungan mereka, kopdar tentu menjadi menu yang sudah sangat lumrah. Dan, aku tetap sebagai pengamat. :) 

Dan tadi pagi aku membaca berita menggemparkan bahwa fitur blogging bakal dihilangkan sehingga jagat multiplyindonesia heboh, aku mengerti betapa itu berarti kampung tempat komunitas satu ini saling bersilaturrahmi akan segera diluluhlantakkan. Kekhawatiran yang muncul sejak setahun yang lalu bahwa pengelola multiply hanya akan 'ngopeni' online sellers yang jelas-jelas mendatangkan keuntungan finansial bagi mereka, dan tidak hanya sekedar menganaktirikan bloggers, namun mengusirnya tanpa belas kasihan, akhirnya terjadi juga. 

Aku sendiri yang terbiasa copy paste tulisanku di multiply dan blogspot, aku tidak akan kerepotan memindahkan tulisan-tulisan. (kecuali foto-foto yang tentu harus segera kupindahkan, entah kemana.) Namun aku tahu beberapa teman yang begitu cinta mati pada multiply, ogah membuka blog di tempat lain. Mereka harus mulai dari sekarang memindahkan tulisan-tulisan dan foto-foto di lapak yang lain. 

Sudah dua kali aku kehilangan blogsite. Yang pertama di yahoo/360. Yang kedua di friendster. Multiply bakal menjadi yang ketiga kali. Desember 2012 nanti. Mungkin ada baiknya aku kembali aktif di blog.co.uk. Beberapa teman blog disana masih sok nyapa meninggalkan komen, atau kirim message, bertanya kapan aku balik blogging lagi. (Terakhir aku posting disana tahun 2009, saat aku mulai main di fesbuk) 

I am trying to stay cool. Segala sesuatu tidak ada yang abadi. Btw, bakal berapa lama ya usia facebook? :) Berharap semoga aku ga bakal diusir dari blogspot. Tinggal disanalah rumahku. 

C-net 20.54 070812
foto diambil dari sini

Beberapa komen yang muncul di lapak sebelah, yang bakal digusur tanggal 1 Desember 2012. :(



bambangpriantono wrote on Aug 6
Iyaaaa...hehehehehe
afemaleguest wrote on Aug 6
lapeeeeerrrrrrrrrrrrrrrr
anotherorion wrote on Aug 6
anak MP akeh sing melu tapi beberapa pake blog engine lain :D, omong2 nek laptope rusak lungsurin ke aku wae
afemaleguest wrote on Aug 6
anak MP akeh sing melu tapi beberapa pake blog engine lain :D, omong2 nek laptope rusak lungsurin ke aku wae
iyo, aku yo weruh Febby, Nono, Ihwan, Rana ... dll ...

wah leptopku isih iso dinggo je, durung arep tak lungsurke, tapi yen eling data-data ning D ilang, aku sih mangkeeeellll ...
rirhikyu wrote on Aug 6
Salah masukin kuiznya tuh kali mba.
Menjebak mini kuiz nya
afemaleguest wrote on Aug 6
rirhikyu said
Salah masukin kuiznya tuh kali mba.
Menjebak mini kuiz nya
ooooo ...
hihihihihi ... emang jawabannya apaan sih? :-D
rudal2008 wrote on Aug 6
Kunjug juga kesana ah....hehehe....
afemaleguest wrote on Aug 6
rudal2008 said
Kunjug juga kesana ah....hehehe....
monggo :)
rengganiez wrote on Aug 6
memang layak dikunjungi mbak....
afemaleguest wrote on Aug 6
memang layak dikunjungi mbak....
tenkiu :)
srisariningdiyah wrote on Aug 6
panitianya minta ditabokin?
sini kutabokin deh
afemaleguest wrote on Aug 6
nabokinnya pake apa ya? hihihihi
rirhikyu wrote on Aug 6
Apa ya? E14p eh apa kebalik ya? Lg pk hape. Ada dikolom komen yg postinganku yg come to mama :)
Aku jg dikasih tau sama mba tintin
nurusyainie wrote on Aug 6
Wih, keren blognya mbak Nana
Cuman hehehe... saya ngertinya hanya sedikit
maklum belum pandai bercasciscus pake bahasa asing
ninelights wrote on Aug 6
Dan ... aku menghibur diri sendiri. Baiklah, blog post-ku ga dimasukkan ke partisipan lomba di femaledaily.com Namun blogku tetap dianggap layak dikunjungi. Narsis untuk menghibur diri kan ga papa ya?



GL7 16.06 060812
ehlahhhh...
kemarin itu blog ini belum masuk ke sana?
lha...?


Kemarin kalo jawab quiznya bener, langsung masuk kok, Mbak. Beneran..Soalnya aku yang pertama juga ngerasa kok gak masuk-masuk, tapi pas diberitahu mbak Tintin jawab kuisnya gak usah macem-macem cukup ketik seri vaionya, udah, beres. abis itu, emang bener langsung akan muncul di kotak yang paling kiri di halaman peserta..
afemaleguest wrote on Aug 6
ga pake kata sony kah?
herannya waktu femaledaily woro2 untuk segera submit karena malamnya deadline, aku nanya kenapa blog postku ga juga masuk, ga dijawab, eh, tadi kucek, status femaledaily yg woro2 itu dihapus. heran kan aku?

kalo memang karena jawaban quizku salah ya tinggal jawab aja toh jawabanku salah. padahal aku nanya ga lama setelah mereka posting yg woro-woro itu.
ninelights wrote on Aug 6
ga pake kata sony kah?
herannya waktu femaledaily woro2 untuk segera submit karena malamnya deadline, aku nanya kenapa blog postku ga juga masuk, ga dijawab, eh, tadi kucek, status femaledaily yg woro2 itu dihapus. heran kan aku?

kalo memang karena jawaban quizku salah ya tinggal jawab aja toh jawabanku salah. padahal aku nanya ga lama setelah mereka posting yg woro-woro itu.
oh, yang twit pagi itu yah...aku juga lihat.
pas tanggal 4 agustus masih buka memang...tapi begitu paginya kubuka, pendaftaran udah ditutup...ada tulisan dipaling atas sendiri.
awalnya aku mikir pendaftaran ditutup 5 agustus jam 00.00 yang berarti malemnya nanti. ternyata jam 12 dini hari.

itu kayaknya yang ngadmin blog sama twitter beda orang kali, mbak. jadinya miskom.
cakra69 wrote on Aug 6
oya..?? Suka iseng2 ngeblog diinternet..? :o)
Ati2ntar di baned kejaman batu... :o)P
afemaleguest wrote on Aug 6
sounds intriguing
hahahaha
martoart wrote on Aug 7
sounds intriguing
hahahaha
Lumayan bener loh. Tuh ada pengumuman MP mo buang fitur blog. Desember bersih dari sosialis-mediator (walah iki istilah opooo neh aku? padahal maksudnya Socmed). Udah bekap tulisanmu lom?

viva capitalista!
afemaleguest wrote on Aug 7
martoart said
Udah bekap tulisanmu lom?
kebetulan aku memang sudah biasa cross posting Kang, dengan blogku di blogspot.

tapi kalau foto-foto nahhh ... harus diselamatin nih ...
onit wrote on Aug 7
panitiane serik. bloge mbake wis kondang nang sakjagad internet. dadi ora dileboke peserta. sakjane mbake wong biasa, tapi dianggep selebritis ^^;;

(pardon, my words are full of judgement :p)
afemaleguest wrote on Aug 7
onit said
panitiane serik.
:-D

No comments: