Search

Monday, July 06, 2020

Women having sex like a man?

Sekitar 5 tahun yang lalu aku menulis satu artikel pendek yang kuberi judul yang sama dengan tulisan ini, kuambil dari satu kalimat yang dinyatakan oleh Samantha Jones, salah satu tokoh utama dalam serial Sex and the City, di episode 1, session 1.

 


 

Di tulisan itu, aku hanya menulis bahwa Carrie terprovokasi omongan Samantha, dan mencoba mempraktekkannya. (FYI, disini mengacu ke pendapat Samantha: "women having sex like a man" artinya  "having sex without feeling" atau "no emotionally involved sex".) Ketika secara tak sengaja bertemu dengan Kurt, seseorang yang dikisahkan pernah mematahkan hatinya 3 kali, sebagai 'balas dendam' (mungkin), Carrie mengajak Kurt ngedate: only for sex.

 

 

Carrie sempat merasa "powerful, potent and incredibly alive" setelah ngedate dengan Kurt. Namun, ketika bertemu Kurt lagi beberapa hari setelah itu, dan Kurt menyatakan kegembiraannya dengan 'the new Carrie' karena akhirnya Carrie paham yang dia inginkan yakni "willing to have sex without any commitment" digambarkan bahwa Carrie nampak kecewa dan bertanya dalam hati, "did all men secretly want their women to be promiscuous and emotionally detached?"

 

 

*********

 

 

Ketika membaca artikel yang berjudul "porn makes men terrible in bed" aku menemukan sebuah buku berjudul I'd rather eat chocolate: learning to love my low libido tulisan Joan Sewell dimana di salah satu bab dia menulis jenis seks yang disebut oleh Samantha di atas bukanlah "having sex like a man" melainkan "having sex a man likes".

 

 

Nah! Ga heran kan jika Kurt justru lebih menyukai Carrie "yang baru" yang emotionally detached.

 

 

Namun, jika mengacu omongan Mr. Big tentang having sex without feeling ini disebabkan oleh cinta yang tidak hadir di antara kedua pihak, kita bisa menyimpulkan tidak semua laki-laki menyukai yang disukai Kurt, yang dianggap mewakili pendapat laki-laki. Jika melakukannya karena cinta, maka jelas harus ada emotional involvement.

 

 

Melihat karakter Samantha yang digambarkan pemuja seks dalam serial Sex and the City ini, kita bisa menyimpulkan bahwa having sex without emotional involvement itu bukan hanya milik laki-laki, perempuan juga ada yang beranggapan seperti itu, meski mungkin jumlahnya lebih sedikit ketimbang laki-laki.

 

 

PT56 18.00 06-Juli-2020


No comments: