Search

Wednesday, July 15, 2020

Another Woman

Dalam serial 8 dari episode 1 Sex and the City, pertama kali Carrie tahu bahwa Mr. Big -- pacar barunya yang di matanya nampak sempurna -- ternyata pernah menikah. Dan begitu saja, tentu dia penasaran seperti apa mantan istri Mr. Big. Dia pun mencari tahu tentang Barbara, sang ex-wife Mr. Big, dan sempat bertemu untuk memuaskan rasa keingintahuannya. Kutengarai dia ingin membandingkan dirinya dengan mantan istri Mr. Big yang menceraikannya gegara Mr. Big selingkuh. Membandingkan diri dalam hal fisik, intelek, dan karakter.

 

pic diambil dari sini


 

Nampaknya ini adalah hal yang jamak terjadi ya. Ketika aku duduk di bangku SMA, sekian puluh tahun yang lalu, aku juga penasaran untuk melihat mantan pacar seorang laki-laki yang sedang dekat denganku; dan seperti yang dilakukan Carrie -- memantas-mantaskan diri dengan Barbara -- aku pun iseng membandingkan diri dengan perempuan itu, lol, meski kata laki-laki itu, aku jauh lebih cantik ketimbang mantannya. Ini adalah satu hal yang membuatnya tidak pede berdekatan denganku. Katanya, "yang tidak secantik kamu saja ninggalin aku dan mematahhatikanku. Apalagi kamu. Nanti."

 

 

Mengingat ini, sekarang aku jadi berpikir, mungkin itu hanya salah satu excusenya bahwa dia ingin tidak melanjutkan hubungan kita ya? Hahahah … tapi, ada satu hal lain lagi sih yang amat penting, waktu itu, yakni kita beragama berbeda. (Sekian dekade yang lalu, aku "masih" relijiyes lhooo. Lol.)

 

pic diambil dari sini
 


Dengan ayah anakku, aku menikah dua kali dan bercerai dua kali juga. Perceraian pertama terjadi di tahun 2000. saat bercerai ini, aku sempat dekat dengan seorang laki-laki lain namun hubungan kita tidak lama. Aku dan my ex menikah lagi di tahun 2002, karena (1) aku melihat Angie anakku tidak nyaman tidak ada figur seorang ayah di rumah, well, dia masih kecil sih ya (2) Angie sangat cemburuan, jadi bisa kubayangkan seandainya aku menikah dengan laki-laki lain, kecemburuan Angie akan sangat tinggi. (3) aku belum bertemu dengan ideologi feminisme, sehingga aku merasa tidak nyaman menjadi seorang 'janda'. Menikahi ayahnya kembali -- yang memang terus menerus merengek agar aku kembali padanya -- adalah keputusan yang cukup aman. Sebelum kita menikah lagi di tahun 2002 itu, my ex sempat dekat dengan seorang perempuan yang tergila-gila padanya. Tapi, aku sama sekali tidak tertarik untuk tahu what she looked like, dan bagaimana karakternya. Aku terlalu pede bahwa my ex mencintaiku mungkin. Hahaha … berarti waktu SMA dulu itu, aku ga pede ya? Seperti Carrie yang mendadak merasa tidak nyaman dengan hubungannya dengan Mr. Big setelah tahu bahwa Mr. Big pernah menikah.

 

 


Salah satu pemicu kuat aku meninggalkan ayahnya Angie (lagi) tentu adalah ideologi feminisme yang membuatku merasa yakin dan nyaman bahwa aku baik-baik saja untuk kembali single. (Brainwashing kultur patriaki yang kuterima waktu kecil dulu sangat erat mengganggu pastinya.) perpisahan yang kedua ini berbeda dengan perpisahan yang pertama, tentu saja. Kali kedua ini aku sangat pede bakal baik-baik saja menghadapi dunia. Dan Angie sudah semakin besar, lebih mudah diajak bicara mengapa ibunya memilih berpisah dari ayahnya.

 

 

Beberapa tahun kemudian ketika Angie memberitahuku bahwa ayahnya akan menikah lagi adalah satu kelegaan yang luar biasa bagiku. Lelaki itu benar-benar tidak akan lagi menggangguku. Dan, aku sama sekali tidak penasaran what his second wife looks like termasuk karakternya bagaimana.

 

 

PT56 22.30 10-Juli-2020


No comments: