Search

Tuesday, February 13, 2024

Making Choices

 


Dalam kehidupan kita sehari-hari, tak pernah kita terlepas dari saat-saat kita harus memilih. Saat alarm berbunyi di pagi hari, kita mulai membuat pilihan: mau mematikan alarm kemudian langsung bangun dan memulai 'household chores' di pagi hari, atau kita akan melanjutkan leyeh-leyeh selama beberapa menit, atau malah justru kembali tidur karena mimpi indah yang terputus gegara suara alarm membuat kita gusar.

 

Pilihan berikutnya, dari sekian sayuran yang ada di kulkas, yang mana yang akan kita pilih untuk kita masak; lagu apa yang akan kita dengarkan saat sibuk memasak di dapur; mau mandi jam berapa setelah masak, mau mengenakan baju yang mana, sepatu yang mana, tas yang mana yang akan kita bawa beraktifitas, and so on and so forth.

 

Dari hal-hal 'mundane' seperti itu, hal-hal yang harus kita pilih kian meningkat tingkat urgensinya. Ada yang bisa kita pilih tanpa perlu melakukan pertimbangan-pertimbangan pelik, ada juga yang membuat kita (mungkin) perlu melakukan kontemplasi dalam kurun waktu yang cukup lama sampai saat akhirnya kita dengan 'legawa' memilih dari sekian 'options' yang ada.

 

Pilpres

 

Bagi saya pribadi, memilih paslon capres cawapres tentu bukan hal sepele. Banyak hal yang menjadi pertimbangan saya sebelum memutuskan berlabuh pada paslon 02. Keputusan ini tentu dilandasi oleh banyak info yang 'datang' kepada saya (yang bisa dikategorikan sebagai 'rezeki' kata Mbak RRM). Rezeki yang datang pada saya bisa jadi berbeda dari rezeki yang datang ke orang lain sehingga pilihan kita berbeda. Tentu ini sah-sah saja. Yang penting adalah kita aktif untuk ikut membentuk negeri seperti apa yang akan menjadi ayoman generasi penerus kita.

 

Saya yakin, semua pilihan baik adanya. Plus tiap-tiap paslon memiliki sisi positif maupun negatif. Semua pilihan akan membawa advantages tertentu, dan mungkin disadvantages yang lain. Namun ya itu tadi, kita harus memilih, dan hati nurani tiap-tiap warga negara Indonesia tidak pasti harus sama. Ingat: satu orang satu suara, tidak peduli kedudukan kita di tengah masyarakat.

 

H-1 menuju pilpres 2024

 

Mari bergembira bersama dalam pesta demokrasi ini.

 

Semarang, 13 Februari 2024

 

No comments: