Search

Tuesday, January 04, 2011

Networking Sites

 Tentulah anda-anda sudah tahu bahwa FB bukanlah satu-satunya networking site yang tersedia di dunia maya. Beberapa tahun lalu -- sekitar 4 -7 tahun lalu -- FS sangat booming, dan masih banyak lagi.

Nah, dalam tulisan ini aku akan lebih fokus ke networking site yang dikenal sebagai MULTIPLY.

Aku lumayan lama juga berasik masuk di situs yang disebut MP for short. Mulai buka akun tahun 2006. Dan berhubung aku ini super narsis dengan tulisan sendiri, dan nampaknya feature 'blog' di MP nampak lebih menonjol, maka tak pelak aku pun selalu double posting tulisan-tulisanku, di blog (di www.blogger.com) dan di MP. Bagi yang belum pernah tahu what MP is like, FYI, di MP tidak ada 'feature' ngetag teman-teman on the list, yang fungsinya semacam undangan khusus ke teman-teman untuk berkunjung; dan mungkin juga dengan harapan akan menuai komen. ^_^ Namun, 'kelebihan' di MP adalah tatkala tulisan kita dikomen seorang teman, maka dia akan muncul paling atas di newsfeed, sehingga akan -- mungkin -- menarik perhatian MPers lain yang belum sempat melihat postingan kita.

Seperti yang kukatakan di atas akan kenarsisanku pada tulisan milik sendiri, LOL, aku memang jarang berkunjung ke tulisan-tulisan milik MPers yang lain, kecuali kalau memang judulnya sangat 'eye-catching'. Dan jarang pula menulis komen. Walhasil, sangat jarang aku mendapatkan komen dari mereka yang berada di friendlist. Namun, mengingat tujuan utamaku menulis blog 'hanya' karena ingin 'mengosongkan' otak dari segala sesuatu yang membuatnya riuh, mendapat komen atau tidak, it is not a big deal for me.

Awal tahun 2009 tatkala banyak teman beralih ke FB, aku masih ja-im, untuk ikutan buka akun di FB meski banyak teman yang ngomporin. 'what the hell is FB?' tanyaku pada diri sendiri. Namun, setelah banyak teman komunitas b2w Semarang yang beralih ke FB yang katanya lebih user-friendly tinimbang MP, padahal banyak dari mereka yang rajin posting foto-foto hasil kegiatan kita bersama, mana aku hampir ga pernah memiliki dokumentasi itu sendiri, dengan setengah hati (uhuk-uhuk), aku membuka akun FB. Tujuan utama memang agar tetap tidak ketinggalan komunikasi dengan rekan-rekan komunitas b2w Semarang. (syukurin lu jadi scapegoat!)

Jika di awal aku malu-malu tapi mau update status (kok sok ngartis amat yak, memberitahu dunia apa yang sedang kita lakukan, apa yang sedang kita rasakan, bla bla bla ... dan betapa kita jadi ga punya privacy???) maka di awal tahun 2010, aku sudah sangat merasa 'homy' di FB. Hingga juga mulai posting tulisan di FB, mulai kenal feature 'ngetag' dlsb, dlsb. Hingga ... karena sesuatu dan lain hal, (pribadi yah? hahahaha ...) aku bahkan jadi melupakan MP. Sampai beberapa bulan aku tidak berkunjung alias login, boro-boro posting tulisan. ^_^

Hingga kurang lebih ... mmm ... tiga minggu lalu, aku disapa MP buddy yang kebetulan ada di list YM. (duluuuuu ... di MP belum ada chatbox, so he added me on YM). Dia nanya napa kok udah lama aku ga ngempi (istilah khusus untuk 'log in dan bla bla bla di MP'), aku jawab aja, "selingkuh keterusan sama FB." LOL. Trus dia nanya apa aku udah baca tulisannya yang ini yang itu, yang itu yang ini, kemudian dia memberiku link, and so on and so forth.

Dan ... karena dialah akhirnya akhir-akhir ini aku ngempi lagi. Dan yang rajin posting komen ya dia ... LOL ... Tapi berhubung dia mengenalku sebagai feminis yang bukan penyair gombalis narsis ya aku ga posting puisi-puisi gombal di sana. LOL. (padahal akhir-akhir ini aku super duper jarang nulis selain sok muitis nan lebay. LOL.)

Dan ... aku terkaget-kaget waktu dapat komen dari orang yang BUKAN di friendlist-ku. LHooooo???? Kok bisaaaa???

Beginilah akibat lama ga ngempi, jadi lupa bahwasanya di MP memang kadang friend of friend itu juga dapat update kita di newsfeed, terutama tentu saja kalau aku lupa 'ngeset' bahwa yang akan mendapatkan update tulisan kita itu only for 'contacts'.

Jadi inget (dan ga jadi kusembunyikan hehehe ...) satu hal yang membuatku ignoring MP for some months ya karena ada seseorang yang tidak ada di friendlistku, tahu-tahu komen di noteku dan ngajakin tarung. hadeeehhh ...

Sekarang, kalau sedang pengen posting sesuatu di MP, aku set agar yang bisa liat hanya 'contacts', dengan catatan aku ga lupa. LOL.

*sedang dalam situasi mengeluarkan hal-hal yang memenuhi rongga otak, so nulis yang ga penting ini* LOL.
 PT56 18.09 04.01.11

No comments: