Search

Saturday, December 16, 2006

J e n g l o t

Pernah dengar istilah “jenglot”?
Istilah ini pertama kali kudengar sekitar 8-10 tahun yang lalu ketika ada pameran sebuah (seorang?) makhluk yang menyerupai manusia ini di Semarang. Aku tidak begitu suka pameran hal-hal yang berbau mistis seperti itu sehingga aku tidak datang untuk mengunjunginya. Angie dan bokapnya waktu itu melihatnya. Dan dari cerita mereka berdua, well, memang jenglot ini bentuk fisiknya menyerupai manusia, dengan tinggi berkisar antara 10-20 cm, dengan rambut yang sangat panjang, terlalu panjang bagi ukuran tubuh yang hanya 10-20cm tersebut.
Sepulang dari nonton pameran itu, bokapnya Angie mulai godain Angie dengan menyebut boneka Barbie nya dengan istilah ‘jenglot’. LOL. Hal ini sering membuat Angie ngeri karena membayangkan boneka Barbienya yang imut mendadak berubah menjadi makhluk yang secara fisik menakutkan tersebut.
Sekian waktu berlalu. Dan lupalah aku dengan istilah ini.
Beberapa hari lalu seorang miliser di Sastra Pembebasan tahu-tahu menyebut istilah ‘jenglot’ ini. dan nyebelinnya dia bandingin jenglot denganku!!!    karena ukurannya yang mungil tentu saja. (padahal Abangku tersayang, nyamain aku dengan boneka Barbie. Lah, kan itu mungil dan imut. Kalau jenglot???   ) Abangku yang belum pernah mendengar kata jenglot penasaran, so I explained. Sayangnya, dia tidak percaya padaku awalnya. Dikira aku cuma mengarang cerita kalau ada makhluk menyerupai manusia yang tingginya hanya sekitar 10-20 cm?
Kebetulan bebarapa minggu yang lalu salah satu murid privatku bercerita ketika dia tinggal di pedalaman Kalimantan Tengah sekitar tahun 1998-1999, dia melihat makhluk yang sejenis jenglot ini, hidup di ranting-ranting pohon di sebuah hutan. Tidak hanya satu dua, tapi banyak!!! Konon, ketika terjadi kerusuhan antara suku Dayak dan Madura, makhluk ini keluar dari persembunyiannya dan membantu saudara-saudaranya suku Dayak untuk mengusir suku Madura dari tempat tinggalnya.
Karena Abang tidak percaya juga dengan ceritaku, aku bilang aja ke dia untuk browse di google. And ... VOILA!!!! Muncullah website-website yang menulis tentang makhluk mistis yang bentuknya menyerupai manusia dengan rambut yang sangat panjang ini, dan banyak tinggal di daerah Indonesia. Lebih lengkapnya lagi, di Kalimantan Tengah. Di Kalimantan, mereka dikenal sebagai masih satu saudara dengan suku Dayak. Info yang ini kudapatkan dari murid privatku yang melihat makhluk-makhluk tersebut dengan mata kepalanya sendiri.
Hanya kuasa Tuhan semata yang membuat dunia ini begitu kaya dengan segala macam makhluk.  dan aku yakin, belum semuanya telah dieksplorasi oleh manusia. So, kalau belum muncul di Discovery Channel, ya jangan gampang bilang ga percaya bahwa ada makhluk tertentu. (khusus buat Abangku nih. Hahahahaha ...)
PT56 13.29 141206

No comments: