Search

Saturday, October 21, 2006

Aku Ingin Pulang


 

"Aku Ingin Pulang" adalah salah satu topik yang akhir-akhir ini marak diperbincangkan di salah satu milis yang kuikuti SASTRA-PEMBEBASAN. Mungkin karena berkenaan dengan Idul Fitri yang akan datang sebentar lagi, dimana sudah merupakan suatu tradisi di Indonesia untuk pulang kampung alias mudik, untuk merayakan Idul Fitri dengan semua sanak saudara.

FYI, orang-orang milis SP yang terkena virus "Aku Ingin Pulang" adalah orang-orang Indonesia yang bermukim di luar negeri. Tidak mudah bagi mereka untuk ikutan pulang mudik ke kampung halaman pada kesempatan hari baik ini, Idul Fitri, karena berbagai macam hal. Pertama, tentu butuh dana yang tidak sedikit. Kedua, kesibukan bekerja mereka di negeri orang itu tentu tidak bisa disesuaikan dengan kondisi di tanah air, yang sangat memanjakan ini, (libur kerja selama seminggu untuk merayakan Idul Fitri, bukankah ini sangat memanjakan?) Ketika orang-orang di Indo bisa menikmati libur panjang, orang-orang di negeri orang itu masih harus bekerja keras, demi membuat mereka hidup layak.

Tanah kelahiran orang tuaku adalah Gorontalo yang terletak di Sulawesi Utara. Keadaan uang yang tidak memungkinkan membuat orang tuaku tidak membiasakan diri pulang kampung di Idul Fitri. Sehingga kita selalu merayakan Idul Fitri di kota kelahiran anak-anak orang tuaku--Semarang. Kita tidak pernah kemana-mana.

Aku ikut merasakan mudik ketika aku kuliah di UGM Yogya, baik ketika duduk di bangku S1 maupun S2. Was it great? I dont remember. LOL.

Btw, it is great to read what those milisters living abroad write on this subject "Aku Ingin Pulang". "Home is in your heart" kata mbak Omie. "This world is just a small village to me" kata pak Danar. Apa kata Abangku? Oh well, he didnt say anything on this subject, kali karena dia sibuk sehingga tak sempat menulis di milis. Tapi aku tahu, dia selalu merindukan Indonesia sebagai tanah kelahirannya, terutama Jakarta dimana dia dilahirkan dan dibesarkan oleh Maminya tercinta.

"Kapan pulang Bang?" :) di NZ ga ada kodok ngangkang kan? LOL. ga ada sate Ungaran, ga ada makan di lesehan Malioboro (ga ada Maliboro di NZ toh? LOL) ga ada matahari yang mengobral sinarnya, dll dll dll ...

FBS UA 12.40 201006

No comments: