Search

Monday, January 16, 2023

HOUSEHUSBAND

 

young Lee Majors, such a hunk!

HOUSEHUSBAND

 

Tulisan mbak Dyna tempo hari mengingatkan saya pada seorang kawan sekelas saat kuliah di American Studies UGM, 20 tahun yang lalu.

 

Waktu saya kuliah di American Studies Graduate Program UGM, ada seorang kawan sekelas yang mengajak serta suami dan anaknya (yang waktu itu berumur 4 tahun) pindah ke Jogja, untuk menemaninya. Satu hal yang kurang lazim di masyarakat Indonesia waktu itu. Beda jika yang ikut serta itu seorang istri ya.

 

Bisa dipahami jika kemudian muncul beberapa pertanyaan di antara kawan-kawan: "Memang suaminya kerja apaan? Kok bisa ikutan pindah ke Jogja? Atau dia memang tidak bekerja? Lelaki macam apa itu kok tidak bekerja?" blah blah blah …

 

Pertengahan semester 1, kawan saya ini jatuh sakit, hingga perlu opname di rumah sakit. Tentu saja semua diurus oleh suaminya. Melihat hal ini, saya pribadi berbicara pada diri sendiri, "oh, mungkin memang kawan kuliah saya ini jenis orang yang kesehatannya kurang bagus, sehingga selalu butuh dikawal oleh sang suami.

 

Kebetulan saya dan teman saya ini -- plus beberapa kawan lain -- sering bekerja sama dalam mengerjakan tugas-tugas kuliah hingga lama-lama kami tahu bahwa memang menjadi pasangan ini dengan sengaja memilih lifestyle yang belum begitu familiar di tengah masyarakat: si perempuan menjadi perempuan berkarir, sementara sang lelaki berhenti bekerja setelah anak (pertama) mereka lahir. Mereka berdua sadar bahwa karir si perempuan akan lebih cemerlang jika dilanjutkan dibandingkan jika si laki-laki yang terus bekerja. Mempekerjakan seorang babysitter bukanlah opsi bagi mereka berdua untuk merawat dan membesarkan anak.

 

Tentu saja pilihan yang kurang populer ini sempat dikecam oleh pihak keluarga mereka sendiri. Namun mereka terus memperjuangkan apa yang mereka percayai: hubungan suami istri tidak akan tergoyahkan hanya karena si lelaki tidak bekerja, bahwa si perempuan tetap menghormati hubungan yang dibina "meski" kata orang-orang yang melihat pasangan ini mengatakan bahwa si lelaki tidak memiliki rasa tanggung jawab sebagai seorang "kepala rumah tangga". Tidak ada yang perlu merasa lebih penting dalam hubungan suami istri yang setara, bukan? Masing-masing memiliki tugasnya sendiri-sendiri.

 

Semarang, 16 Januari 2023

 

Semarang, 14.14 16 Januari 2023

Sampiran:

Lee Majors muda. baru sekarang saya tahu salah satu pemicu dia dulu bercerai dengan Farrah Fawcett (istri keduanya yang pernah populer main dalam film serial Charlie's Angels) adalah cara berpikirnya yang tradisional: laki-laki bekerja di luar, perempuan melakukan kegiatan rumahan; dia inginnya tiap pulang bekerja sang istri menyambutnya dengan masakan yang dimasak sendiri. I still adore him though, kan dia bukan suami saya? hahahahahaha ...

 Tulisan versi Bahasa Inggris -- saya tulis 16 tahun yang lalu -- bisa dibaca di link ini.

No comments: