Search

Wednesday, June 08, 2011

Catatan dibuang sayang dari gowes piknik ke pantai Bandengan


 
Bagi para pengamat status-statusku akhir-akhir ini (sok selebriti mode on), sekitar seminggu atau dua minggu lalu aku menulis bahwa the best exercise for my body is swimming. Setelah sekian lama tidak berenang -- sibuk keluyuran melulu naik sepeda -- akhirnya aku memutuskan berenang pada hari Minggu 22 Mei 2011. Ajaibnya semua kepegelan di sendi-sendi tubuh out of the blue menghilang begitu saja. Tanpa sisa.

Mari merunut ke belakang.

Frankly speaking, sepulang gowes ke Kudus 15 April lalu, kaki kiriku pegel bukan main. Maka ketika adikku menawari untuk gowes balik ke Semarang -- tidak naik truck -- aku menolak karena pegel luar biasa di sendi di belakang lutut kiri itu. Aku tidak yakin akan mampu. :-( apa lagi juga demi menghemat waktu. Meski anak semata wayangku telah menginjak usia 20 tahun, aku ga enak ninggalin rumah sampai malam hanya gara-gara nyokapnya berobsesi pulang pergi Semarang - Kudus - Semarang gowes. hohoho ...

Pegel itu tak kunjung hilang. :-( Sendi di belakang lutut kiri itu dengan mudah terasa pegal lagi jika aku kecapekan. :-(( Apalagi sepulang dari dolan ke Curug 7 Bidadari plus trekking sebentar ke air terjun Semirang tanggal 17 Mei, pegal itu hampir tak tertahankan. (Meski tetap saja berobsesi balik ke Semirang lagi untuk menaklukkan treknya sampai ke air terjunnya. Although the waterfall is not as worthy as the trekking and the 'forest', I did fall in love with the trek. ingatan zaman kecil dulu barangkali yang sering diajakin hiking oleh guru-guru waktu SD.) Aku bahkan tidak bisa jongkok!

Sehari setelah itu kaki kiri Angie terkilir sehingga aku mengajak Angie ke tempat pijat. Sekalian aja aku pijat karena memang tubuhku terasa pegal tidak karuan. Meski sempat merasakan tubuh enteng seusai pijat, keesokan hari pegal-pegal itu balik lagi. :-(

(FYI, padahal waktu gowes UGM Jogja - Borobudur 6 Maret lalu aku tidak menderita pegal-pegal menyedihkan ini.)

Itu sebab aku mencoba kembali ke cinta lama: BERENANG. Tanggal 22 Mei kemarin aku berenang hanya dalam kurun waktu satu jam. AJAIB! Pegal-pegal yang nempel di tubuhku selama berminggu-minggu lenyap seketika!

Semua ini semula sempat membuatku ga pede ikut gowes ke Jepara. Khawatir kaki kiriku tak mau kuajak kompromi. Aku curiga tentu pegal-pegal ini akan balik lagi seusai gowes. Namun karena aku begitu ingin ikut, aku abaikan 'hunch' ini. Padahal aku punya alasan yang sangat kuat untuk tidak jadi ikut: my youngest sister was hospitalized karena barusan melahirkan anaknya secara caesar. Her hubby was hospitalized too due to typhoid. :-( Hanya ada Angie yang bisa menemani her grandma di rumah, plus mengantar ke rumah sakit.

Aku nekad ikut karena Elvi sang provokator meyakinkan akan ada truck yang mengawal sejak dari Semarang. In case terjadi apa-apa, maka ada kendaraan yang bisa dipakai untuk loading.

Maka bisa dibayangkan betapa kecut hatiku manakala mendengar kabar ga baik bahwa Elvi ga jadi mendapatkan truck yang bisa mendampingi perjalanan Semarang - Jepara. Tak terbayangkan what woud have happened jika kaki kiriku mengkhianati obsesiku gowes Semarang - Jepara. Mana rute lebih jauh.

Maka rekan-rekan terkasih, bisa anda bayangkan betapa gembira rianya hatiku tatkala aku segar bugar sesampai di pantai Bandengan! Tak sedikit pun aku merasakan pegal, baik di kaki maupun di punggung, atau dimana saja. Kalau pantat terasa panas ya maklumlah. Imagine you go biking for more than 80 kilometers riding a very 'usual' bike seperti si Orange, tanpa mengenakan celana yang biasa dipakai para cyclist yang empuk-empuk nikmat itu, dan tidak ada 'sadel tambahan' yang bisa membuat sadel terasa lebih empuk. TAPI AKU TIDAK MERASA PEGAL SEDIKIT PUN! Wow ...

Nevertheless, besok pas hari libur Kenaikan Isa Almasih, aku akan kembali ke pelukan cinta pertama: BERENANG! Seorang sobat sempat wanti-wanti waktu pertama kali aku gowes di tahun 2008: "Don't you ever leave swimming Nana. Swimming is the best exercise, no matter what happens."

Curcol selesai. YIPPEEEEE...

PT28 17.01 010611
 
kisahnya bisa dibaca di link ini yaaa. 

No comments: