Search

Tuesday, March 08, 2011

More responsibilities ...

31 October 2013, Halloween celebration

 
Mulai minggu ini dua orang rekan kerja mendapatkan tiga bulan cuti melahirkan. Bisa diperkirakan 'akibatnya': guru-guru lain ketiban sampur taking over their classes! Beban mengajar mereka berdua pun dibagi kepada guru-guru lain. Aku sendiri mendapatkan tambahan empat slots (satu slot = 45 menit), dua slots kelas 'SPELLING' di kelas 3, dan dua slots lain kelas Bahasa Indonesia di kelas 9. Plus, aku juga 'terpilih' untuk menjadi homeroom teacher alias wali kelas kelas 5.

(Un) Luckily, tugasku menjadi pseudo teacher dihapuskan. ^_^

Tugas tambahan sebagai wali kelas, kalau pagi harus ngecek siapa yang tidak masuk, siapa yang datang terlambat, kemudian melaporkan ke admin. Tiap hari ngecek ada pengumuman atau tidak yang harus disampaikan kepada orang tua. Jika ada, menuliskannya di 'communication book'. Tiap minggu membuat 'newsletter' yang akan dikirim ke masing-masing orang tua untuk mengetahui perkembangan apa-apa saja yang dipelajari oleh anak-anak mereka. Bentar lagi bakal ribet ngecek progress report yang akan dibagikan pada tanggal 17 Maret dan siap-siap "Parent - Teacher Interview" satu hari setelahnya.

Untuk mata pelajaran SPELLING di kelas 3, ini benar-benar merupakan pengalaman pertama bagiku: teaching spelling subject. Tahun akademik lalu aku mengajar kelas 5, namun mata pelajarannya READING COMPREHENSION.

Hari Senin kemarin waktu masuk di kelas 3, the students warmly greeted me, "Good afternoon, Miss Nana..." Kemudian the homeroom teacher merasa perlu memperkenalkan diriku pada anak-anaknya, dengan menyebut embel-embel, "Miss Nana used to be my teacher. bla bla bla ..." (She was indeed my ex student.) Entah, mengapa tiba-tiba aku menjadi merasa begitu 'senior' sehingga, aku berkomentar, "Ahh ... does it mean I am a grandma?" LOL. Seorang siswa kemudian maju ke depan, sambil berkata, "You are a grand teacher, Miss Nana ..." ohhh ... how sweet he is. LOL.

"So class, believe me, with Miss Nana's experience, you will get much smarter but at the same time you will also have fun to be in her class." tambahan the homeroom teacher, sebelum kemudian dia keluar kelas, karena harus mengajar di kelas lain.

Tak lama kemudian, another boy came forward, dan berbisik kepadaku, "Miss Nana ... I want to be smart. But I don't want to be a teacher!"

LOL. LOL.
PT28 18.44 080311

No comments: