Search

Monday, September 28, 2009

Reuni


 

 

Konon, menurut etimologinya (makhluk opo maning iki?), kata ‘reuni’ memiliki arti ‘bertemu kembali teman yang telah lama berpisah’. Kamus digital World Book 2005 memberi arti “the act or process of coming together again” atau “a social gathering of persons who have been separated or who have interests in common”.

 

Biasanya apa yang dilakukan oleh orang-orang pada saat reuni adalah mengenang kembali apa yang pernah mereka lakukan bersama di masa ‘lalu’—saat mereka dulu meluangkan waktu bersama, misal tatkala belajar di satu sekolah yang sama. Mereka mungkin memiliki kenangan yang bisa saja manis maupun pahit untuk dikenang bersama. Yang pasti mereka yang terlibat di dalam kesempatan reuni tersebut memiliki ikatan batin dengan masa lalu mereka.

 

So, apakah bertemu dengan ‘orang-orang yang belajar di sekolah yang sama pada tahun yang sama namun tidak pernah saling mengenal dengan lebih dekat’ juga disebut reuni?

 

Pada waktu aku duduk di bangku SMA (1983-1986), aku masuk jurusan Bahasa di semester dua di kelas 1. (FYI, aku adalah angkatan terakhir siswa-siswa SMA yang mulai masuk jurusan yang berbeda—IPA, IPS, BAHASA di kelas 1, semester 2. Tahun-tahun berikutnya, siswa-siswa SMA memulai penjurusan di kelas 2, bahkan pada waktu SMA disebut SMU, mereka memulai penjurusan di kelas 3.) Hal ini membuatku tidak banyak mengenal anak-anak kelas lain. Apalagi aku tidak memiliki sifat ‘sociable’ yang membuatku mengenal banyak siswa kelas lain.

 

Kebalikannya, mungkin banyak siswa yang mengenaliku karena di jurusanku, Bahasa, hanya ada empat siswa—dua laki-laki, dua perempuan. Itu sebabnya tatkala menghadiri reuni SMA tanggal 23 September kemarin, aku memperkenalkan diri sebagai, “Nana ... jurusan Bahasa.” Tatkala ada yang bertanya, “Mbak-nya ini siapa ya?”

 

Emosiku tidak terlalu larut dalam kumpul-kumpul reuni tersebut karena tak satu pun dari tiga mantan teman sekelas jurusan Bahasa yang datang. Itu sebabnya dalam kesempatan tersebut aku hanya bengong memandang orang-orang lain yang saling berusaha mengenali satu sama lain. (23 years has gone!!!) I really have lost my memory. LOL.

 

Untunglah ada acara makan enak yang gratis. LOL.

PT56 14.14 260909

No comments: