Search

Saturday, May 04, 2024

Trendsetter

 

otw Solo - Semarang, 2012

Aku dan Ranz menjadi 'couple' dalam bersepeda antar kota (plus kadang antar propinsi) di tahun 2011 secara tidak sengaja. Kalau menggunakan istilah yang sering dipakai oleh Carrie Bradshaw dalam serial SEX AND THE CITY adalah "and just like that". :) begitu saja kami dolan bareng. Begitu saja dolan bareng itu terulang lagi. Lagi. Dan lagi. Haha …

 

Di tahun 2013 saat B2W Semarang ikut satu event bike expo, ada seorang perempuan yang datang ke booth B2W Semarang, dan bilang bahwa dia suka membaca blog sepedaanku, demi mencari ide bersepeda kemana. Honestly, waktu itu aku bengong, selain tentu saja merasa tersanjung. Hoho … kami ini hanya pesepeda ecek-ecek, yang sok dolan saja. Aku ingat waktu itu si mbak bilang dia akan mengadakan event sepedaan ke Pantai Cahaya setelah membaca pengalamanku bersepeda ke situ. Aku dan kawan-kawan hanya naik sepeda seadanya, sedangkan si mbak, eh, tante itu bersama kawan-kawannya naik sepeda balap. Keren!

 

Sekitar seminggu atau dua minggu yang lalu seorang kawan pesepeda mengirimiku flyer, tawaran untuk ikut sepedaan yang dia beri tajuk 'Penataran Loop'. Kata 'Penataran' mengingatkanku pada perjalananku dolan ke Blitar dan Malang bersama Ranz di bulan Juni 2014. Jadi penasaran mungkin kawan sepeda yang mengadakan event ini pun terinspirasi dari kisah dolanku bersama Ranz ya? 10 tahun yang lalu!

 

Maka kemarin, Jumat 3 Mei 2024 waktu Ranz dolan ke Semarang, aku ceritain tentang hal ini. Hingga kami pun bernostalgia kisah-kisah yang pernah kita jalani bersama. Aku juga ingat ada sepasang suami istri yang ikutan bersepeda ke TamanNasional Baluran setelah aku dan Ranz sepedaan ke sana, di tahun 2015. Sepasang suami istri yang sama ini pun kemudian ikutan sepedaan ke Bali dan Lombok. Aku yakin seyakin-yakinnya bahwa tentu mereka terinspirasi dari pengalamanku dan Ranz bersepeda ke Bali dan Lombok di tahun 2015 pula.

 

Setelah semenjak pandemi di tahun 2020 aku dan Ranz hanya dolan ngepit Solo - Jogja - Solo doang, adalah satu kebanggaan saat tahu orang berkunjung ke blogku untuk mencari ide dolan sepedaan kemana begitu. Apalagi setelah kakiku cedera sehingga aku tak lagi bebas bersepeda setiap hari, dan Ranz juga jenuh sepedaan.  Benar-benar satu hal yang menggembirakan. Bagi kami berdua.

 

Ah iya, jadi ingat seorang 'kawan' facebook yang mengatakan bahwa dia mulai memperhatikanku sejak tahun 2011, karena aku sudah mulai menggunakan sepeda lipat untuk 'turing' dari satu kota ke kota lain, sementara di grup Bikepacker di facebook, para membernya baru membahas, "layak ga sih sepeda lipat dipakai untuk turing antar kota?" si om 'kawan' facebook itu bilang, "saya ingat mbak Nana sudah memulai turing naik sepeda lipat sementara waktu itu sepeda lipat belum seterkenal sekarang."

 

Well … well … sudah lama aku tidak menulis hal-hal yang membanggakan diri sendiri seperti ini. Jadi? Lemme do this. Awokawokawok ..

 

MS48 14.14 04/05/2024

 






No comments: