Search

Friday, August 02, 2019

Perempuan dan Usia




Seorang kawan fb saya tengarai adalah pemuja perempuan karena dia begitu perhatian pada apa-apa yang biasa dirasakan atau dipikirkan oleh perempuan. Di salah satu status, dia menulis bahwa perempuan paling tidak suka ditanya tentang berat badan dan usia. (sounds familiar? Hihihihi …)

Well, di medsos, tidak semua perempuan ingin menyembunyikan usia mereka sih. Saya mengenal beberapa kawan perempuan yang tidak sungkan menyebut usia mereka. Namun tentu lebih banyak lagi perempuan yang memilih untuk tidak berbicang tentang usia. :D

Beberapa hari lalu ada seseorang ngeshare satu link berita di satu grup yang saya ikuti. Berita itu membahas tentang para selebriti perempuan yang nampak jauh lebih muda ketimbang usianya.

Jadi ingat beberapa dekade lalu, (saya masih duduk di bangku SMP) beberapa kawan perempuan di sekitar saya membahas perempuan-perempuan yang nampak kinclong padahal kalau diperhatikan wajahnya biasa saja, tidak cantik-cantik amat. Kesimpulan kita waktu itu -- tentunya juga sudah banyak diketahui umum -- adalah uang banyak bisa membantu perempuan (lebih cenderung perempuan ya ketimbang laki-laki) yang sebenarnya biasa saja nampak lebih cetar. Untuk perawatan ke salon untuk 'sekedar' perawatan kulit dll dan beli skin care butuh dana ga sedikit kan ya.


Postingan itu menarik saya simak bukan lantaran isi beritanya. Melainkan komen-komen yang ada di thread tersebut. Banyak perempuan yang menyertakan foto diri dan menyatakan usianya berapa. Mengherankan ini buat saya. Lha biasanya perempuan-perempuan itu menyembunyikan usia, lha kok kali ini mereka nampak berlomba-lomba memamerkan usia mereka berapa disertai dengan foto diri, dimana banyak foto itu terlihat dijepret menggunakan aplikasi beauty plus atau minimal menggunakan hp yang memiliki kamera 'jahat'. Kekekekekekeke …

Seorang perempuan yang beberapa bulan lalu sempat jadi salah satu teman di friendlist saya, dan sempat saya kepoin identitas dirinya, juga menulis komen, menyertakan satu foto, dan menulis, "ini saya, usia 50-an ke atas." lhah saya heran, lha wong di akun fbnya dia menulis tahun lahirnya tahun 1975. entah yang mana yang dia tulis dengan jujur: di komen di thread itu, atau di akun fbnya? Lol.

Well, yes, kadang saya memang se'selaw' itu. Kekekekekeke …

LG 16.16 02-08-2019


N. B.:

keterangan foto

yang di atas foto tahun 2008, yang di bawah tahun 2006, saat saya sering "dituduh" berusia di bawah 30 tahun, padahal Angie, anak saya sudah duduk di bangku SMA kelas 11 (2008) dan SMP kelas 9 (2006) hingga tuduhan berikutnya adalah, "kamu hamil waktu masih duduk di bangku SMA ya?" haghaghaghag ...

No comments: