Search

Tuesday, April 03, 2012

Earth Hour

Apa sih susahnya ikut menjaga bumi dengan mengikuti himbauan pemerintah – atau pihak mana pun – untuk mematikan listrik pada jam yang disarankan? Mengapa harus pakai protes PLN di daerahku sudah sering byar pet maka ga perlu lah aku matikan listrik di jam yang konon dipersembahkan untuk ‘bumi’? Ga perlu pakai protes juga bahwa toh dalam kehidupan kita sehari-hari kita merasa cukup hemat dalam penggunaan listrik sehingga tak perlu lagi mematikan listrik pada ‘earth hour’. Ga perlu pakai woro-woro bahwa selayaknya yang perlu dan harus memberlakukan ‘earth hour’ hanyalah negara-negara yang setiap harinya boros listrik, yang di kota-kota besarnya memiliki gedung-gedung pencakar langit yang tentunya sangat membutuhkan banyak listrik untuk menjalankan lift.

Apa susahnya mencintai bumi?

**********

Tahun 2003 ada seorang dosen tamu di kampus. Namanya Professor Hugh Egan, berasal dari Ithaca College New York. Beliau kebetulan ketiban sampur mengampu dua mata kuliah, “American Cultural Eras” dan “American Multiculturalism”. Berhubung latar belakang pendidikan Prof Egan adalah Sastra maka ketika mengampu dua mata kuliah itu, kita membahas banyak karya sastra, mulai dari puisi (puisi Anna Bradstreet, Emily Dickinson, Walt Whitman dll), prosa (khotbah John Winthrop yang terkenal dengan frase “city upon a Hill” yang mengacu ke the New World, Amerika, “Common Sense” karya Thomas Paine, dll) cerpen (“The Law of Life” karya Jack London), dll.

Satu hal yang mengingatkanku pada Prof Egan yang berhubungan dengan ‘Earth Hour’ adalah pada satu waktu ada kerusakan jaringan listrik di UGM sehingga beberapa kali kuliah Prof Egan listrik mati. Tidak ada lampu. Tidak ada AC. Meski sempat komplain listrik mati kita mahasiswa tetap antusias datang ke kampus, mengikuti kuliah Prof Egan.

Segalanya berjalan seperti biasa.

Namun ternyata bagi Prof Egan, listrik mati sedangkan kehidupan kampus berjalan seperti biasa adalah satu hal yang luar biasa baginya. Jika hal tersebut terjadi di kampusnya, Ithaca College New York – atau pun kampus-kampus lain di Amerika – maka kekacauan akan terjadi disana sini. Lift tidak bisa jalan, fotocopy tidak bisa dilakukan, komputer mati, dll. Cukup satu hari saja listrik mati di Amerika, itu berarti lumpuh total bakal melanda kehidupan masyarakat disana. Cukup satu hari saja.

Di Indonesia – terutama di kehidupanku di Semarang – listrik mati tidak akan melumpuhkan kehidupan. Barangkali hanya satu dua saja perusahaan. Misal, jika di bank listrik mati maka tidak akan bisa memproses beberapa hal, namun aku yakin di beberapa hal lain lagi, kehidupan masih akan terus berjalanan.

Barangkali pemadaman listrik di ‘earth hour’ akan sangat berarti banyak jika hal ini dilakukan di negara-negara yang tingkat ketergantungan pada listrik begitu tinggi. Misal Amerika.

Namun apa sih salahnya kita ikut mencintai bumi dengan mengikuti gaya hidup hijau? Dan salah satunya begitu mudah kita lakukan: matikan listrik dalam jangka waktu satu jam!

PT56 09.25 030412

Some comment from next door site

bambangpriantono wrote on Apr 3
Hahahaa..like this
afemaleguest wrote on Apr 3
Hahahaa..like this
^^
nanaskuningkeci wrote on Apr 3
like this banget plus setuju banget mba
afemaleguest wrote on Apr 3
like this banget plus setuju banget mba
Ranie,
ini gara-gara kesal malam Senin kemarin aku menulis di dinding lapak sebelah, eh, ada teman yang nulis, "ga ikutan, aku lagi ngecharge hape dan nonton stand up comedy" ...

rasanya dongkoooooolllll banget.
nanaskuningkeci wrote on Apr 4
Ranie,
ini gara-gara kesal malam Senin kemarin aku menulis di dinding lapak sebelah, eh, ada teman yang nulis, "ga ikutan, aku lagi ngecharge hape dan nonton stand up comedy" ...

rasanya dongkoooooolllll banget.
hahahha iya mba, sama... pas aku ribut earth hour, yang lain dengan entengnya bilang... "kenapa musti kita susah2? itu kan tugas PLN, PLN aja yang matiin"..duh gondok
afemaleguest wrote on Apr 3
aku sudah pernah baca Kang :)
tapi berkunjung lagi dan membaca lagi tentu boleh lah :)
agamfat wrote on Apr 3
sori ye, ane sedang nonton ANthrax waktu itu
rembulanku wrote on Apr 3
mari jaga bumi mulai dari hal paling sederhana
hemat listrik, hemat air *hemat bensin mungkin ga?*
hehehe
afemaleguest wrote on Apr 3
@Agam,
iya aku tahu dari postinganmu tapi kucuekin aja :-P

@Lala,
kalo aku hemat bensin sih bisa, naik sepeda ;-)
onit wrote on Apr 5
setujuuu cuma 1 jam kok

(pengikut e.h. yg kelewat jadwal thn ini. lost -_-;; -- tapi teteup rumahku gelap gulita krn pemiliknya lagi di kereta hehehe)
onit wrote on Apr 5
mari mencintai bumi.. supaya tetap ceria utk teman2 kecilku ini http://www.staplenews.com/home/2012/3/29/ducklings-learning-to-jump.html

No comments: