Search

Saturday, February 25, 2012

My Blogs

 


Tulisan ini merupakan edisi narsis, sebagai salah satu upaya mengembalikan mood kenarsisan yang entah mengapa hilang akhir-akhir ini. So, bagi yang biasa meraka muak melihat orang lain narsis, mending ga usah baca.

Ngomong-ngomong sudah lumayan lama juga aku ngeblog. Dimulai dari sekitar awal tahun 2005 di zaman Friendster masih eksis, meski aku mulai rajin dan teratur ngeblog di awal tahun 2006, setelah lulus kuliah dan merasa butuh dikejar-kejar deadline nulis sesuatu. :-P Maka aku pun mengejar diri sendiri untuk menulis minimal dua buah tulisan untuk narsis di blog.

Semula ngeblog di domain Eropa yang berlokasi di Blog UK dimana blogku kuberi nama A Feminist Blog. Jika aku di awal ngeblog menggunakan English ya tentu masih merupakan 'sisa-sisa' kuliah di American Studies mengingat zaman kuliah nulis paper tentu in English. Namun karena kebanyakan pengunjung dan penulis komentar adalah orang Eropa (ya mesti lah ya?) aku mulai nyari domain blog dimana bakal banyak pengunjung dari negeri sendiri. Dari blogwalking kesana kemari, aku bertemu blogger. Beberapa bulan kemudian aku bertemu domain multiply .

Aku masih sangat awam dengan bahasa html -- oh well, sampai sekarang juga masih super gaptek masalah bahasa satu ini sih -- sehingga blogger.com yang waktu itu masih mengharuskan para blogger piawai dalam penguasaan html jika ingin memperindah blognya, blogku sangatlah minim dekorasi. Namun tentu yang paling penting bagiku adalah aku mampu mengekpresikan diri dalam tulisan-tulisan yang kupost.

Aku mulai ngeblog dalam bahasa Indonesia mungkin semenjak aku kenal Abangku yang tinggal di NZ (seperti biasa, dia kupakai sebagai 'scapegoat' dalam hal yang satu ini :-D ). Masih tahun 2006 juga sih. :)

Aku mulai berhenti ngepost di blog A Feminist Blog sekitar tahun 2009. Well, nampaknya ketika aku mulai berasyik masyuk di Facebook. :-P Aku tetap ngeblog di blogger maupun multiply, padahal di blog.co.uk itulah aku banyak mendapatkan visitor dan komen, namun hanya satu dua komen yang kudapatkan dari orang Indonesia sendiri. (Ternyata aku tetaplah cinta negara sendiri. :-D )

Wait a second ... kok aku merasa semakin jauh dari ide awal aku menulis ini ya? :-D

Kembali ke blog di blogger.com Aku lupa mulai tahun kapan blogger tidak lagi begitu pelit pada para pemula dan mereka yang awam pada bahasa html. Blogger menjadi begitu mudah dipakai dan ditempeli hiasan ini itu, hanya dengan ngeklik ini itu itu ini. VOILA ... blog pun menjadi ramai. :)

Salah satu widget yang kupasang yang pada satu waktu dikarenakan penyakit narsisku sangat akut sangat sering kuklik untuk ngecek ada berapa pengunjung, berasal dari mana mereka menemukan blogku, keyword apa yang mereka gunakan, dll adalah widget yang kuambil dari www.statcounter.com Beberapa tahun lalu -- pada satu waktu -- aku menemukan 'nana podungge' sebagai salah satu keyword yang lumayan. You can imagine betapa besaar kepalaku karenanya. Apalagi ketika aku lihat IP address mereka yang menggunakan 'nana podungge' sebagai keyword bukanlah berasal dari Indonesia, namun datang dari belahan bumi Barat sana, Amerika. (Khusus untuk blogku di sini )

Sekian tahun berlalu.

Kesibukanku mengajar di sebuah sekolah internasional tak lagi mampu memaksaku sendiri untuk menghasilkan tulisan minimal dua post tiap minggu. (Aku mulai merasa seperti robot. :( ) 'Page rank' yang sempat lumayan tinggi pun menurun. Aku mulai melupakan widget satu ini. Lha gimana? Aku nulis aja belum tentu sebulan sekali. Apalagi ditambah blog-blog lain sehingga aku harus 'membagi' perhatian ga melulu ke satu blog yang sampai saat ini tetap kuberi tajuk A FEMINIST BLOG padahal isinya sudah tak lagi melulu tentang perempuan.

Namun ketika salah seorang tersayangku mulai ngeblog, dan kuberitahu tentang widget satu ini agar dia bisa memantai pengunjung ke blognya, entah mengapa aku sendiri pun mulai mengintai kembali ada apa di balik widget ini.

Kurang lebih dua minggu lalu di deretan keyword yang dipakai pengunjung yang mengantar mereka ke blogku aku menemukan kata 'nana podungge website'. WEDEW. Siapa yaaa? hihihihi ... Namun ketika kulihat domain IP address komputer yang dipakai, terlihat berada di daerah Indonesia.

Ternyata aku ga perlu lama-lama penasaran siapakah gerangan yang menggunakan kata 'nana podungge website' itu. Beberapa hari yang lalu seorang siswaku di kelas 4 bilang, "Miss Nana ... now I know your website address."

Aha ... for sure she was the 'culprit'. xixixixixi ...  "How could you come to my website address?" aku bertanya.

"I searched you in google by typing 'nana podungge website," jawabnya, merasa menjadi seorang technology savvy student. :-D

Dan aku pun menjadi lebih bersemangat menulis untuk blog lagi, terutama hasil diskusi di kelas. :)

C-net 16.39 25/02/12

No comments: