Search

Friday, December 26, 2008

U-T-A-N-G


 

Libur akhir tahun telah tiba. Aku ingat rencana-rencana yang kubuat di pertengahan bulan Nopember 2008 tatkala aku merasa begitu jenuh dengan rutinitas; kejenuhan yang membuatku merasa begitu blue. Rencana yang akhirnya membuatku merasa memiliki hutang yang harus kubayar setelah libur datang:

  1. menulis artikel untuk blog, terutama to expose my being feminist, and social observer (gelar yang diberikan oleh Abangku tatkala membaca tulisanku yang berkaitan dengan bedah buku PUTRI CINA beberapa bulan lalu, juga tatkala aku diundang menjadi salah satu narasumber di acara Hari Kartini 21 April 2008 di sebuah stasiun televisi swasta Semarang)

  2. kembali ke Paradise Club, untuk ber-erobik dan fitness. Erobik sama baiknya dengan bersepeda maupun berenang (all doctors say swimming is the best exercise though). Sedangkan fitness baik untuk membentuk massa otot yang bagus untuk mengurangi kemungkinan terkena osteoporosis di masa tua.

  3. ngikut cross country karena mumpung libur, jadi aku ga harus terbebani mencuci pakaian kotor yang menumpuk selama satu minggu

  4. menyelesaikan membaca novel MISSING MOM oleh Joyce Carol Oates yang telah mulai kubaca beberapa minggu yang lalu. (I am a slow reader, due to both my hectic teaching schedule and too absorbed when reading LOL) Selain itu, MARYAMAH KARPOV pun telah menungguku untuk membacanya. Tiga buah buku yang kubeli di ANNIVERSARY SALE satu hari sebelum Natal menambah panjang daftar buku yang ingin kubaca dalam waktu dekat ini.

  5. eating out with Angie to listen to her more (she always talks a lot when we eat out because the atmosphere is usually relaxing, not in a hurry.) Based on our experience together so far, Angie sering tiba-tiba bercerita hal-hal yang mungkin tak terceritakan tatkala di rumah, mungkin karena keterbatasan waktu yang kita miliki to spend together.

  6. merapikan kamar (LOL)

  7. berkunjung ke Cirebon: both to visit my elder brother and for refreshing. Both Angie and I need it.

  8. menikmati kesempatan tidur siang yang mumpung kumiliki, memulihkan kondisi tubuh yang sering terasa remuk redam tatkala hari Sabtu datang (kalau ga pas libur kerja)

  9. mengurus surat pindah dari Bulustalan ke Pusponjolo, sekaligus membuat KTP baru buatku sendiri juga buat Angie yang telah menginjak usia 17 tahun bulan April lalu. Plus surat KK baru.

  10. last but not least menulis email panjang untuk Abang tersayang

Yang mana yang telah kulakukan setelah libur memasuki hari keempat?

Nomor satu: aku telah menulis dua artikel, yang terinspirasi oleh dua buah tulisan di koran lokal, yang langsung membuatku mencak-mencak karena dikotomi feminis klasik (kuhiperbola sebagai ‘obsolete feminist’ di artikel yang kutulis LOL) bagi perempuan yang tetap keukeuh memilih untuk bekerja di luar rumah, dan feminis modern bagi perempuan yang memilih kembali ke rumah, meninggalkan karir tinggi di kantor yang telah dirintis sekian lama. (FYI, dalam beberapa bulan terakhir, baru hari minggu lalu aku sempat membaca koran yang telah puluhan tahun menjadi langganan Podungge family di Semarang, karena kesibukan mengajar from 7am to 7pm. Aku hampir ‘buta’ apa yang terjadi di sekitarku gara-gara tertimbun kesibukan bekerja. Aku sengaja tidak membaca koran lokal ini, karena kalau aku merasa ‘gatal’ setelah membaca sebuah artikel, namun aku tidak punya waktu luang untuk menulis to expose my annoyance, rasa ini akan mengendap lama di benakku, and this is absolutely not healthy for my psyche.)

Puaskah aku dengan menulis HANYA dua buah artikel? Of course not. Sampai sekarang aku masih ingin menulis tentang Irshad Manji, the Muslim feminist lesbian, menulis lebih jauh lagi tentang film INTO THE WILD. Dan masih banyak lagi.

Nomor dua, I have done that!

Ketiga, hari minggu lalu bareng lima b2wer Semarang lain, menaklukkan ‘the mad mud’ to reach Maron beach. Well, aku sadar sih, bahwa my cute orange bike—pertanda cinta my b2w friends to me—bukan standar untuk XC-ria jadi aku sebaiknya jangan tergoda untuk melakukan XC yang ekstrim.

Keempat, in the process. MISSING MOM belum selesai kubaca.

Kelima, Angie and I had lunch out after we went to the ANNIVERSARY SALE. Two days before we did it too. And Angie told me a shocking thing about her schoolmates. Angie asked me to promise her not to write it for blogs. (Yang penasaran boleh nulis PM ke aku. LOL.)

Keenam, B-E-L-U-M.

Ketujuh, Angie and I plan to go to Cirebon next December 31, 2008 till January 4, 2009.

Kedelapan, I did it some hours ago. Asik geboy. LOL. I took a nap from 12.30-15.30. Enak gila. Hahahaha ... I went swimming this morning. Going home, I washed a big pile of clothes for almost two and a half hours. Bahkan minum cappuccino pun tidak mempan membuat mataku melek. Aku nikmati saja tidur siangku.

Kesembilan, in the process.

Kesepuluh, I will write it soon after this.

I wish I had 48 hours in one day during the two-week break from school, so that I could do more, especially referring to numbers one and four.

Jadi ingat sms yang my Guardian Angel kirim tanggal 18 November, “My Humming Bird mau break? Ya udah, sabar. The time will come, jangan dirasa, jadi lama. When it comes, it will be sweet, believe me.

PT56 20.02 251208

No comments: