Search

Saturday, November 10, 2007

Keyword: NANA PODUNGGE

Di antara sekian banyak pernak pernik yang bisa ditambahkan ke dalam suatu blog oleh si pemilik blog adalah fasilitas untuk menghitung pengunjung atou disebut juga counter. Untuk ini seorang blogger memiliki beberapa pilihan, misal www.doneeh.com www.statcounter.com www.amazingcounter.com dan beberapa yang lain. Kebetulan untuk blog-ku di http://afeministblog.blogspot.com dan http://serbaserbikehidupan.blogspot.com aku menggunakan www.statcounter.com
Meskipun hobby blogging, aku sendiri tidak begitu memperhatikan fasilitas-fasilitas yang telah kupajang di blog, selain hanya untuk sebagai pemanis tampilan blog. Suatu hari, beberapa bulan yang lalu, Abang bertanya kepadaku mengapa aku tidak menambahi asesori nama-nama kota atau negara para pengunjung blog-ku. Aku pernah melihat fasilitas sejenis ini di www.neocounter.com kalau tidak salah dan aku pernah pula mencobanya. Namun ternyata it didn’t work well, aku yang bego kali sehingga fasilitas tersebut ga bisa berfungsi dengan baik. 
Tatkala aku sedang menjelaskan panjang lebar tentang kegagalanku memasang www.neocounter.com di blog (yang juga akhirnya kuketahui fasilitas ini tidak gratis, jadi harus membayar sejumlah uang agar fasilitas tersebut berjalan dengan baik), Abang justru telah menemukan bahwa di balik ikon—or whatever it is called—View My Stats dari www.statcounter.com pun menunjukkan negara, kota, bahkan IP address para pengunjung blog. Wah ... Semenjak itu pun aku rajin ngecek di ‘View My Stats’ dari negara dan kota mana saja para pengunjung blog datang. Bahkan masih banyak fasilitas lain yang disediakan oleh www.statcounter.com mulai dari “popular pages” (sehingga aku tahu artikel mana yang paling sering dibaca orang), sampai “where from”. Ada petunjuk dari mana sajakah seorang pengunjung “menemukan” blogku.
Hari Sabtu 3 November kemarin aku iseng ngeklik “where from” di balik ikon ‘View My Stats”, dan kutemukan pada tanggal tersebut ada lima kunjungan ke blog (di afeministblog.blogspot.com) berasal dari www.google.com dengan keyword: NANA PODUNGGE. Aku memandangnya dengan rasa tidak percaya. Lha kok sama dengan tatkala aku mencari data tentang Charlotte Perkins Gilman, dan kuketik namanya sebagai keyword di search engine. Without my awareness, ada orang yang ngefans padaku..LOL. Orang tersebut mencari data tentangku lewat google dengan mengetikkan namaku. Maklum, narsis, so ya heboh gitu deh. LOL. Padahal nama PODUNGGE termasuk sulit diingat, menurutku, berdasarkan pengalaman di masa kecil waktu my late Dad sering menerima surat dengan nama fam yang salah ditulis. PODUNGGE bisa menjadi PONGGE (menghina amat yah? ‘Pongge’ kan nama isi buah durian dalam boso Jowo? LOL), bahkan pernah menjadi PADUKONE. FYI, waktu itu pemain bulutangkis Prakash Padukone dari India masih terkenal. Lah, emang keluargaku memiliki darah India? LOL.
Tatkala kuklik NANA PODUNGGE yang nongol di balik “View My Stats” itulah kemudian aku menemukan blog milik Fatih Syuhud (if I am not mistaken to remember his name LOL) yang mem-feature-kan blogku di blognya. Kalau mau nyoba apa aja yang bakal nongol setelah kamu ketik NANA PODUNGGE di search engine, coba aja deh ya. 
FYI, mungkin di dunia ini hanya ada satu NANA PODUNGGE yang berkeliaran di dunia maya. My dear Mom pernah bilang kalau salah satu sepupu yang tinggal di Gorontalo ada yang diberi nama sama denganku, sekaligus nickname yang sama, NANA. Namun karena dia tidak (atau belum) mencoba meninggalkan jejaknya di dunia maya, yang akan kamu temukan setelah mengetik NANA PODUNGGE di search engine, yang muncul tentu saja data-data tentangku, mulai dari alamat blogku, data di Friendster, dll.
Aku memang merasa hidupku (saat ini) tidak bisa dipisahkan dari blogging, meskipun dengan begitu aku meninggalkan jejak di dunia maya, dan hidupku pun tak lagi benar-benar private (kata Abang orang yang blogging itu kayak orang yang ngomong sendiri, kurang kerjaan amat. Aku bilang, justru itulah yang kubutuhkan, I need to express myself, aku membutuhkan suatu media untuk menyalurkan cara berpikirku yang masih dianggap kurang lazim di komunitasku. Dan blog is the best media for that.) Jika ada orang yang menyukai menggunakan nickname (misal: ‘pink rose’, ‘ferror’ dl) untuk nama di blognya, karena tetap ingin menyimpan identitas dirinya dengan rapi, aku memilih menggunakan nickname yang diberikan oleh my dear parents sejak bayi, yang juga biasa dipakai di tempat kerja. Aku juga menyediakan diri untuk berdiskusi bagi mereka yang mendukung maupun menentang ide-ide yang kukemukakan di blog, langsung melalui komentar di blog, maupun lewat email. Aku ingin orang merasa berdiskusi dengan seseorang yang bernama NANA, yang benar-benar nyata ada, dan bukan seorang (atau sebuah?) pink rose. :)
PT56 23.10 061107

No comments: