Search

Thursday, December 07, 2017

Rafting bersama CitraElo



Yang namanya rezeki, kadang memang tak pernah kita duga datangnya ya? Terkadang, ... bum ... out of the blue ... sekonyong2 ... begitu saja rezeki itu datang. LOL.

Itulah yang kurasakan ketika mendadak seorang rekan kerja memberitahu bahwa kantor tempat aku bekerja sejak tahun 1996 (angkatan jadul banget! LOL) akan mengadakan outing yang berupa arung jeram a.k.a rafting.

Sebagai seorang pecinta olahraga berenang (cinta pertamaku sebelum mengenal sepedaan, well, meski aku tentu telah bisa bersepeda sejak duduk di bangku SD, namun jatuh cinta pada olahraga bersepeda ini kurasakan baru mulai tahun 2008 :D) tentu saja aku menyukai tawaran bermain air yang ... well ... cukup memacu adrenalin ini : arung jeram. Maka, tentu saja aku tidak mengabaikan tawaran ini.

Tiga hari sebelum berangkat, setelah aku yakin ada beberapa kursi kosong – karena beberapa rekan kerja menyatakan tidak bisa ikut – aku menawari Angie ikut. Angie yang telah kuperkenalkan pada dunia berenang sejak dia berusia enam tahun tentu dengan suka cita menerima tawaranku ini. Yuhuuu ... berarti ini adalah rafting bersama kita berdua yang kedua kali. Yang pertama, tahun 2016 bersama rekan kerja Angie. Kali ini bersama rekan-rekan kerjaku.

Minggu 26 November 2017

Aku dan Angie telah sampai kantorku yang terletak di Jalan Imam Bonjol sebelum pukul lima pagi. Bus yang kita tumpangi meninggalkan kantor sekitar pukul 05.05, molor 5 menit dari waktu yang telah kita sepakati bersama.


Perjalanan cukup lancar. Kita sampai di lokasi CitraElo pukul 07.20, 40 menit lebih awal ketimbang waktu yang ditentukan oleh pihak penyelenggara. Karena kita datang cukup pagi, kita masih ada waktu untuk menikmati suasana pedesaan di sekitar kita. Gunung nan hijau, air sungai Elo yang mengalir, beserta pepohonan di sekitar. Sungguh asri dan sedap dipandang mata. Berhubung saat itu sedang musim hujan, hawa sungguh sejuk dan segar. Matahari nampak malu-malu bersinar.


Sekitar pukul setengah sembilan kita diberangkatkan ke Blondo, nama daerah dimana kita akan memulai perjalanan arung jeram. Kita diantar kesana dengan mengendarai angkutan umum yang telah disewa oleh CitraElo. Di atas tiap-tiap angkutan yang kita kendarai, pihak penyelenggara meletakkan dua buah boat, dimana di dalam boat itu terletak life jacket yang akan kita kenakan. Dayung diletakkan di dalam kendaraan.

Setelah sampai Blondo, kita dibagi dalam beberapa kelompok. Tiap-tiap kelompok terdiri dari 5 orang, menjadi enam orang bersama sang pemandu rafting. Di kelompokku ada aku, Angie, Nurjannah (NJ), Imam, dan Samsul.


Seperti biasa, sebelum kita diberangkatkan, ada seorang instruktur yang memberi kita arahan hal-hal yang harus kita perhatikan. Sangat penting bagi para newbie, sedangkan bagi mereka yang telah kesekian kali rafting, arahan ini bisa menjadi semacam penyegaran kembali.

Sekitar pukul setengah sepuluh, kita mulai bergerak menuju air. Dalam boat, Samsul dan Imam duduk paling depan. Di baris kedua ada aku dan NJ, Angie duduk di baris ketiga, sendirian. Sang pemandu – pak Gimin namanya kalau aku tidak salah dengar – duduk paling belakang.

Jika tahun lalu aku membawa hape yang kuletakkan dalam wadah plastik yang kukalungkan di leher, kali ini aku sama sekali tidak membawa apa-apa. Baju ganti kutinggal dalam bus, sedangkan hape dan lain-lain kuletakkan dalam tas Angie yang disimpan di satu ruangan yang disediakan oleh CitraElo di base camp mereka.


Seperti biasa, yang membuat perjalanan sepanjang arung jeram exciting dan meriah adalah kehebohan para peserta. LOL. Kebetulan pak Gimin seorang pemandu yang usil, baru beberapa meter kita meninggalkan titik awal, dia sudah mulai mencipratkan air kepada ... kita berlima! Yeay! LOL. Yang membuat Angie, aku, NJ, Samsul dan Imam basah yang pertama kali adalah pak Gimin sendiri! LOL. Setelah itu barulah kita mulai bermain mencipratkan air kepada para peserta lain yang boat-nya ada di sekitar kita.

Dua laki-laki yang duduk di boat yang sama denganku ternyata tidak memiliki daya fight yang tinggi. LOL. Berhubung tidak ada sejenis kompetisi yang nyampai duluan di titik akhir bakal dapat award, mereka berdua mendayung dengan santai, sama sekali tidak terburu-buru. Melihat mereka berdua seperti itu, ya sudahlah, aku dan dua perempuan lain di belakang ikutan nyante. LOL. Kadang ikutan ndayung, kadang membiarkan pak Gimin mendayung sendiri. LOL. (Shhhttt ... jangan ditiru! LOL.)


Btw, ini adalah pengalaman rafting pertama buat seorang NJ. Sejak awal dia nampak tegang, meski sudah kuberitahu bawa sungai Elo sangat ramah buat para newbie. Dia langsung terlihat panik waktu seorang rekan kerja kita – Dewi – yang duduk di boat yang lain terjatuh ke dalam air. Meski Dewi dengan cepat dibantu naik kembali ke boat, NJ nampak tidak jenak.

Kata pak Gimin penyebab seorang rafter terjatuh adalah karena dia tidak konsentrasi penuh. Bahkan lebih parah lagi, mungkin sedang melamun. LOL.

Dewi tidak hanya jatuh sekali. LOL. Kali kedua dia jatuh, kebetulan lokasi dia jatuh dekat dengan boat kita, maka pak Gimin membantunya naik ke boat kita. Jadilah kita bertujuh. Baru beberapa saat Dewi ‘menumpang’ boat kita, eh, dia jatuh lagi. LOL.

Setelah akhirnya Dewi kita kembalikan ke boat dia sendiri, eh, malah Samsul jatuh dengan sendirinya. LOL. Benar kata pak Gimin, karena kita melamun, tidak konsentrasi ke apa yang sedang kita lakukan, bisa membuat kita terjatuh. LOL.

Yang jatuh berikutnya adalah NJ. Kekekekeke ... Dia terjatuh ke air karena ... dia diusilin pak Gimin, dalam kondisi dia melamun! LOL. Namun pak Gimin tidak berhasil mengusiliku maupun Angie. J kita berdua senantiasa alert!  Yeaaaah. LOL.

Seperti biasa, setelah melampaui 6 kilometer kita rafting, kita semua diberi kesempatan beristirahat, dan menikmati air kelapa muda dan beberapa kudapan.

Menjelang pukul 12.00 kita semua sudah sampai di titik akhir, di bawah tempat kita duduk-duduk santai di pagi hari, sebelum kita diberangkatkan ke Blondo. Kita langsung naik, kemudian mandi di tempat-tempat yang telah disediakan. Setelah itu, kita menikmati makan siang, yang merupakan satu paket dengan arung jeram tersebut. Menu makan siang kita adalah sayur lodeh tanpa cabe, ayam bakar, oseng tempe, sambal terasi yang maknyus, dan krupuk.

Sekitar pukul 12.40 kita meninggalkan lokasi CitraElo dengan perasaan lega. Kita bisa menikmati berarung-jeram tanpa diganggu hujan! Oh well, meski kata pak Gimin sih kalau kita rafting pas hujan turun malah jauh lebih asyik. Hmmm ... kapan-kapan lagi deh. LOL.


Dari sana, kita mampir sejenak ke Candi Mendut yang terletak tak jauh. Namun karena hujan turun (akhirnya!) kita tidak lama disini. Sekitar pukul 13.30 kita melanjutkan perjalanan. Karena tak seorang pun menyatakan ingin mampir di satu tempat lain (hujan yang turun telah memadamkan hasrat kita! LOL) akhirnya kita hanya mampir di tempat beli oleh-oleh. Kemudian lanjut pulang ke Semarang.

Sekitar pukul 14.30 kita mengatakan goodbye Magelang! Kapan-kapan tentu aku dan Angie akan kembali lagi! yeay!

LG 15.15 02/12/2017 

No comments: