Search

Tuesday, August 29, 2023

Nana dan Angie di Sekolah Basis 3, Day 1

 

aku dan Angie di kelas menulis dengan narsum Ayu Utami

Background:

 

I could join this event SEKOLAH BASIS 3 (the first and the second event were held online) because I follow instagram account of @penerbitkpg. Guess what? I started following that account in the middle of May 2023 because I joined a quiz held there. The quiz was held as one program to lead to an 'event titled "Quo Vadis Ayu Utami?"

 

Jumat 25 Agustus 2023

 

Aku dan Angie berangkat ke Jogja dengan naik travel Ar***n yang meninggalkan pool di Taman Kasmaran pukul 09.10. (Semula kami berencana turing naik motor saja Semarang - Jogja. Selain lebih murah, juga untukku sendiri sebagai napak tilas nostalgia melewati jalan dari Semarang - Ungaran - Bawen - Ambarawa - Secang - Magelang - Muntilan. But something not nice happened a few days before we left for Jogja. So? I decided we took 'travel'.) ini kali pertama aku ke Jogja dengan naik travel ini. Aku cek di google, pool travel Ar***n ini ada di daerah Jombor. Karena travel lewat jalan tol, kami masuk Jogja via Klaten, aku yakin kami akan masuk ring road untuk menuju Jombor.

 

Aku dan Angie turun di perempatan Kenthungan -- Jalan Kaliurang km 6 -- sekitar pukul 12.20. dari sini, kami naik grab ke Alif transport, untuk sewa motor. Setelah dapat motor, aku mengajak Angie keluar dari area itu lewat Gang Megatruh, dan kami mampir makan siang di outlet 'Yamie Panda' situ. Kami Cuma pesan satu porsi karena aku ingat porsinya cukup besar untuk perut kami yang tidak terlalu besar, lol.

 

Usai maksi di situ, aku mengajak Angie mampir ke outlet Roti O yang terletak di daerah situ juga, Jakal km 5. Angie butuh ngopi. Aku menghabiskan iced cappuccino pesananku di situ, sedangkan punya Angie masih utuh. Dari sana, kami langsung naik ke Jakal km 22/23. Omah Petroek tempat diselenggarakannya SEKOLAH BASIS 3 terletak di daerah yang sejuk itu.

 

Sekitar pukul 14.00 kami sudah sampai di Omah Petroek. Setelah mendaftar ulang, dan mendapatkan info bahwa kami ditempatkan di Joglo 1, kami pun langsung check in. Di dalam joglo, ada 8 bed dengan 8 lemari kecil, tentu untuk 8 peserta yang menginap di lokasi. Waktu kami berdua datang, ada 3 peserta lain yang sudah check in. 2 orang dari Depok, sedang yang seorang lain dari Kartasura.

 

Jam 14.30 upacara pembukaan diselenggarakan di Pendopo Zoetmulder. Romo Setyo Wibowo membuka acara dengan resmi. (FYI, beliau adalah seorang dosen STF Driyarkara, dengan spesialisasi Greek Philosophy.)

 

Ayu Utami

 

Kelas Menulis 1 dimulai pukul 15.00. Peserta dibagi menjadi 3 kelompok. Kelompok pertama tetap stay di pendopo Zoetmulder, dengan narasumber Romo Sindhunata. Kelompok 2 bergeser ke ruang 'kaca' dengan narasumber Romo Setyo. Sedangkan kelompok 3 bergeser ke ruang auditorium 2 di belakang area Omah Petroek ini, dengan narasumber Ayu Utami. I was lucky karena dikelompokkan menjadi satu kelompok dengan Angie (penginapan kami berdua juga sama-sama di Joglo 1) karena sudah lama aku ingin merasakan kuliah bareng dengan Angie., berada dalam satu ruangan. Ha ha …

 

Ayu berbagi cara 'menulis esai kreatif'. Kelas berjalan sampai pukul 17.15.

 

Makan malam disediakan pukul 17.30.

 

Agenda berikutnya adalah sharing pengalaman aktivis reformasi 98 dengan Valentina Sagala pada pukul 19.00. sedangkan Suci Mayang Sari, seorang aktivis reformasi juga, yang sekarang berkiprah di bidang politik dengan bergabung PSI, berbagi pengalamannya saat penembakan mahasiswa Universitas Trisakti di bulan Mei 1998 karena dia berada di kampus saat itu.

 

Acara ditutup pukul 21.00. saat para peserta dan narasumber istirahat.

 

goodie bag yang diterima oleh peserta, berisi 1 majalah Basis, dan 2 blocknote yang cantik

Valentina Sagala

Suci Mayang Sari

No comments: