Search

Thursday, January 05, 2012

Taman Balekambang (Serba-serbi Libur Akhir Tahun)

TAMAN BALEKAMBANG – SOLO (serba-serbi libur akhir tahun)

di taman Balekambang

Snow White nampang di dekat kolam :)  


Jika warung Soto Seger milik Mbok Giyem yang terletak di Jalan Bhayangkara Solo adalah warung makan wajib kunjung ketika aku nyambangi Solo, maka Taman Balekambang adalah tempat nongkrong wajib kunjung.

Taman Balekambang terletak di daerah Manahan. Konon taman ini pertama kali dibangun oleh Mangkunegoro VII, untuk kedua putrinya yang bernama Partini dan Partinah pada tahun 1921. Dengan mengadopsi penataan kota di Eropa dimana banyak ditemukan taman-taman indah di dalam kota, hehijauan di taman Balekambang sangat cocok berfungsi sebagai paru-paru kota.

Snow White di kacamataku :)

Taman ini sangat luas dengan berbagai macam tanaman, pohon-pohon nan rindang, kursi-kursi taman tempat para pengunjung bercengkrama, jika mereka tidak berkehendak duduk-duduk di atas rerumputan yang terhampar menghijau. Ada beberapa macam binatang jinak yang ada, misalnya rusa dan angsa.

Biasanya jika aku dan Ranz berkunjung kesana, kita ‘hanya’ akan duduk-duduk di bangku yang terletak dekat Partini Tuin atau Taman Air Partini, sembari ngobrol. Angin sejuk yang menghembus bakal membuat siapa pun betah nongkrong. Jangan lupa membawa bekal makan dan minuman sendiri, namun jangan tinggalkan sampah di sembarang tempat, karena tentu akan merusak keindahan yang ada.

teman tidurku yang cuek :D
berdua dengan Ranz :)


Sebelum Joko Widodo menjabat jadi walikota Solo, konon Taman Balekambang ini sempat disia-siakan oleh pemerintah kota Solo sebelumnya dan hanya dijadikan tempat ‘yang tidak senonoh’. :-D Joko Wi lah yang pada tahun 2007 mengembalikan ‘fungsi’ Balekambang sebagai tempat bersantai, Bagi para penggemar hotspot, tempat ini pun dilengkapi dengan wifi. Satu hal yang asyik pula adalah, untuk masuk taman ini, para pengunjung tidak dipungut biaya sepeser pun, kecuali seribu atau dua ribu rupiah untuk parkir motor/mobil. Karena  beberapa kali aku ke sana naik sepeda, maka tentu aku tidak perlu membayar sepeser pun; sepeda kita naiki sampai ke tempat aku dan Ranz nongkrong. :)

 
paling enak numpat pit! :P

Baru seminggu lalu aku tahu ada taman reptile di pojok, dekat Taman Air Partini. Namun karena aku jijik dengan segala jenis reptile, aku ogah diajak Ranz masuk ke dalamnya. :)


If only Semarang had such a place ... ^__^

GL714.51 040112

otw home, kita mampir nampang di Taman Sriwedari :) 

No comments: