Search

Saturday, June 17, 2017

Hello Yahoo!

Bagi yang sudah mengenal dunia internet sejak (akhir) dekade sembilanpuluhan, tentu tahulah bahwa pada zaman itu yahoo.com adalah search engine raksasa. Google sudah ada -- seingatku -- tapi masih bisa dianggap bayi lah, belum ada apa-apanya. Meski email pertama yang kupunyai tidak berdomain di yahoo.com akhirnya satu kali aku punya juga email di yahoo.com yang saat itu memang spektakuler.

Jadi, 'fasilitas' a.k.a widget -- atau apa pun namanya lah -- di yahoo.com yang pernah kunikmati?

Well, selain email gratis, satu fasilitas lain yang banyak dinikmati orang pada zaman itu adalah YM! alias Yahoo Messenger. Namun satu yang paling kusukai pada waktu itu adalah web 360-nya, serupa fasilitas blog, tatkala aku mulai suka (dan pede) menulis di tempat publik. Entah mengapa aku lebih suka posting tulisan di web 360 waktu itu ketimbang di web lain, bahkan termasuk blogger atau blogspot. Dengan posting tulisan di web 360, orang-orang yang terdaftar dalam "friendlist"ku di YM! akan mendapatkan notifnya, sehingga mereka mungkin akan membacanya. Beberapa kali aku mendapatkan respons dari tulisan yang kuaplot di web 360, dan menjalin diskusi dengan beberapa orang.

gambar diunduh dari sini

Aku lupa kapan web 360 akhirnya ditiadakan oleh yahoo. Mungkin tidak laku lagi. Entah. Aku sempat gelagapan ingin mencoba menyelamatkan tulisan-tulisan yang kuaplot disana ke blog (lain), tapi nampaknya karena akses internet masih bisa dianggap mahal saat itu, aku ga ingat apakah aku sempat melakukannya.

Selain YM, web 360, tentu tak ketinggalan pula adalah keberadaan mailing list yang diadakan oleh yahoo. Di tahun-tahun 2006 - 2012 aku cukup aktif di milis-milis yang kuikuti. Dari milis-milis itu aku mendapatkan kenalan, teman, dan sahabat, selain tentu saja pengetahuan yang bermanfaat (dan membantu membentukku menjadi Nana yang sekarang).

Yahoo Messenger sudah down, tak lagi laku, menyusul web 360. Beberapa hari lalu (Juni 2017) perusahaan yahoo sudah dibeli pihak lain. Well, untuk sementara ini email yahoo masih berlaku. Akankah hilang juga dari peredaran satu saat nanti?

(email pertamaku di eudoramail.com sudah hilang sekian tahun lalu. eudoramail.com sempat berganti ke lycos.com namun kemudian ilang juga.)

Hmmm ... nothing really lasts forever?

Bagaimana dengan blog nantinya ya? Will they be gone? Lalu, tulisan-tulisanku yang 'kuabadikan' di blog akan juga menghilang? Seperti buku-buku di rak bukuku yang dimakan rayap? :(

IB180 17062017


No comments: